Dampak Manuver Politik Romi Hariyanto Bagi PAN Pada Pilgub Jambi 2024

Avatar

- Redaksi

Kamis, 10 November 2022 - 22:05

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh : Dina Trisnani
Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Jambi

Pada tahun 2024 mendatang Provinsi Jambi akan kembali menggelar Pemilu serentak diantaranya Pemilihan Gubernur. Banyak tokoh politik dari berbagai partai akan mencalonkan diri sebagai Cagub pada Pilgub 2024 mendatang, salah satunya Romi Hariyanto selaku Bupati Tanjung Jabung Timur. Romi Hariyanto merupakan kader sekaligus Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN).

Mendekati Pilkada 2024 tentu saja banyak tokoh politik yang akan melakukan pergerakan dengan berkeliling sejumlah Kota dan Kabupaten. Banyak tokoh politik yang gencar melakukan manuver sebelum terjadinya Pemilu. Bisa kita lihat bahwa pada saat mendekati Pemilu banyak sekali tokoh politik yang melakukan Manuver untuk mencari eksistensi di tengah masyarakat, sehingga hal tersebut akan menjadi kekuatan parah tokoh politik untuk menhadapi Pilgub 2024.

Romi Hariyanto telah melakukan manuver di beberapa bulan terakhir yang cukup menggetarkan perpolitikan Jambi. Romi Hariyanto telah banyak melakukan Manuver salah satunya menggelar pertemuan dengan para kader PAN dan Kades di Kabupaten Batanghari.

BACA JUGA  PAN Dan Golkar Resmi Gabung Koalisi Gerindra PKB !, Usai Deklarasi "Prabowo Subianto Capres 2024"

Pergerakan Romi bersafari sejauh ini di sambut cukup positif, bukan hanya tokoh masyarakat yang di temui tetapi pengurus partai selain PAN juga di temui oleh Romi. Manuver terus dilakukan oleh Romi Hariyanto sebagai salah satu Langkah persiapan untuk Pilgub 2024 mendatang. Dalam melakukan Manuver Romin selalu melibatkan pengurus PAN di setiap daerah.

Hal tersebut akan berdampak untuk Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan Partai tempatnya bernaung. Karena di setiap Manuver Romi selalu melibatkan pengurus PAN tentu saja bisa menguntungkan bagi PAN karena eksistensi yang di dapatkan oleh Romi sebagai kader dari PAN. Selain itu Manuver yang dilakukan Romi akan dianggap sebagai bentuk inisiatif untuk mendukung Konsolidasi partai jelang Pemilu Legislatif 2024.

BACA JUGA  Bantu Warga Terlilit Hutang, Lukber Kacabjari Muara Tembesi Hadir Untuk Masyarakat

Tetapi disisi lain justru membuat PAN dilema, karena sulit dibantah bahwa agenda utama Romi Hariyanto adalah Pemilihan Gubernur jambi 2024 dan faktanya Al Haris selaku Gubernur Jambi merupakan calon rivalnya yang juga kader PAN. Banyak yang menilai bahwa manuver yang telah dilakukan oleh Romi di beberapa bulan terakhir merupakan bentuk perpecahan sarin Partai Amanat Nasional (PAN). Hal tersebut di bantah oleh Ketua DPW Jambi H. Bakri bahwa PAN sedang baik-baik saja.

Sempat lama berpolemik, tetapi pergerakan Romi Hariyanto kelihatan masih sangat fleksibel dan konsisten. Sejumlah agenda ke daerah-daerah bahkan sudah tersusun rapi. Jika sebelumnya Romi Hariyanto menyusuri wilayah barat Jambi, agenda selanjutnya Romi Hariyanto akan menyusuri wilayah tengah dan timur Jambi. Romi tidak membantah soal rencana dirinya maju di Pilgub Jambi 2024.

BACA JUGA  Meriahkan HUT Golkar ke 58, Ribuan Masyarakat Jambi Ikuti Jalan Sehat

Agenda utama Romi Hariyanto adalah tetap konsolidasi partai jelang Pemilihan Umum. Rekannya sesama ketua DPD PAN meminta Romi Hariyanto Untuk memberikan motivasi kepada kepada jajaran pengurus dan kader, karena Romi Hariyanto adalah ketua DPD PAN yang berhasil menempatkan banyak kadernya di kursi DPRD setempat, lebih dari separuh kursi legislatif Tanjung Jabung Timur dikuasai PAN.

Perhitungan politik Romi Hariyanto ini sangat bagus. Karena berani untuk maju pada jalur perseorangan di pemilihan Kepala Daerah 2020, padahal Romi Hariyanto pemegang kendali terkuat. Dampak yang di timbulkan dengan adanya manuver politik Romi Hariyanto akan sangat menguntungkan bagi PAN untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat pada Pemilihan Gubernur Jambi 2024 dan PAN pasti akan lebih memayoritaskan kursi legislatif yang ada.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Irwanto Caleg DPRD Batanghari No 1 Siap Bantu Rakyat
Upacara Peringatan Hari Guru Nasional, HUT PGRI Ke-78 & HUT Kopri Ke-52 Berjalan Sukses
Baliho Kampaye Caleg Masih Berserak Di Beberapa Tempat, Kinerja Bawaslu Tanjabbar Di Pertanyakan
Kapolda Jambi Gelar Apel Kebangsaan Dan Deklarasi Pemilu Damai 2024
Sri Purwaningsih Tiba Di Kota Jambi, Siap Dilantik Sebagai Pejabat Wali Kota.
Rapat koordinasi Forkopimda Kota Sungai Penuh Tahun 2023 Resmi Dibuka Walikota Ahmadi Zubir
BRI Sungai Penuh Panen Hadiah! Walikota Ahmadi Zubir Undikan Hadiah Mobil.
KPU Umumkan DCT Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Dalam Pemilu 2024.
Berita ini 137 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 7 Mei 2024 - 21:42

Kapolda Jambi Hadiri Syukuran HUT Ke-44 Yayasan Kemala Bhayangkari

Selasa, 7 Mei 2024 - 21:10

Warga Padang Kelapo Desak PT PMB Selesaikan Perkara Lahan Tumpang Tindih

Selasa, 7 Mei 2024 - 16:50

Operasional Angkutan Batu bara Kembali Dibuka, Dirlantas Polda Jambi Beri Himbauan

Selasa, 7 Mei 2024 - 15:52

Pemdes Buluh Kasab Gelar Sosialisasi dan Pembagian Makanan Sehat dan Bergizi

Selasa, 7 Mei 2024 - 13:48

Program Batanghari Tangguh, PUTR Batanghari Bangun Jalan di Dua Kecamatan

Senin, 6 Mei 2024 - 20:09

Bupati Fadhil Arief Minta Lembaga Adat Membudayakan Adat ke Masyarakat

Senin, 6 Mei 2024 - 17:43

Pemkab Batanghari Halal Bihalal Bersama Lembaga Adat Se-kabupaten Batanghari

Senin, 6 Mei 2024 - 13:35

Kacabjari Muara Tembesi Sambut Kunker Aswas Kejati Jambi

Berita Terbaru