Kepergok Maling Sawit, Pelaku Bacok Pemilik Kebun di Tanjung Putra Wabup Bakhtiar Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penyampaian Rekomendasi LKPJ 2023 Geger! Warga Batanghari Temukan Mayat Mengapung di Sungai Dunia Bakal Alami Gerhana Matahari Total, Ini Prediksi Jadwalnya di Indonesia Calon Bupati Atau Wakil Bupati Tanjab Barat, Bang Badi Diprediksi Unggul Di Pilkada

Home / Opini / Politik

Rabu, 7 Desember 2022 - 08:49 WIB

Analisis Kekuatan Politik Bakal Calon Gubernur Jambi pada Kontestasi PILKADA 2024 Mendatang.

David Jaya / Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Jambi

David Jaya / Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Jambi

Oleh : David Jaya / Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Jambi

Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Serentak akan dilaksanakan di tahun 2024 pada bulan November. Berbagai upaya dalam persiapan pemilihan kepada Daerah telah disiapkan oleh para bakal calon  yang di ganyang pada Kontestasi di 2024 tersebut. Mulai dengan membranding diri dengan media, iklan, baner di jalanan dan ada yang mempromosikan diri melalui media berita online pada media masa.

Ajang mencari panggung dan mencari simpati masyarakat Jambi terus dilakukan sebelum menyambut moment di 2024, para tokoh bakal calon Gubernur nanti yang sering disebut-sebut masyarakat sudah tidak asing lagi. Pertarungan pemilihan Gubernur Jambi di 2024 sangat menarik, dimana para bakal calon yang sering disebut-sebut merupakan pejabat daerah tingkat 2 yang ada di Provinsi Jambi.

Pada tulisan ini penulis menganalisis, ada 3 bakal calon yang fenomenal untuk di analisis, yang pertama mantan Bupati Merangin yang saat ini menjabat Gubernur Jambi Alharis, kemudian Bupati Batanghari yang sedang menjabat saat ini  Mhd Fadhil Arief, dan Walikota Kota Jambi saat ini Syarif Fasha. Dalam hal ini ketiga tokoh bakal calon tersbut akan kita ulas sedikit tentang basis kekuatan politik nya sehingga membuat mereka sering digadang-gadang kan sebagai bakal calon Gubernur Jambi di 2024 mendatang.

BACA JUGA  Puluhan Karangan Bunga Warnai Acara Syukuran dan Pelantikan Kades Peninjauan

Pertama Alharis yang merupakan Mantan Bupati Merangin sekaligus Gubernur Jambi saat ini di sinyalir bakal tetap berjuang untuk periode kedunya pada pemilihan Gubernur 2024 mendatang. Al Haris memiliki basis kekuatan Politik yang kuat diamana Al Haris adalah bisa disebut-sebut merupakan anak angkat tokoh Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) dan bisa di bilang anak emas HBA dan ia juga sering disebut merupakan representasi dari orang Jambi asli. Al Haris juga sering di bicarakan sebagai orang biasa, orang desa dan orang kecil, sehingga dengan membrending dirinya tersebut, Al Haris berhasil menjadi Gubernur saat ini.

BACA JUGA  “Korupsi dan Institusionalisasi Partai Politik”

Yang kedua Mhd Fadhil Arief yang sekarang sebagai Bupati Batanghari juga sering disebut kuat sebagai bakal calon Gubernur Jambi di 2024 mendatang. Mhd Fadhil Arief di sebut memiliki hubungan kedekatan dengan kaum agamawan di Provinsi Jambi, khusus nya Nahdatul Ulama. Mhd Fadhil Arief berpotensi besar mencalonkan diri sebagai calon Gubernur di 2024 karena beliau merupakan Ketua DPW PPP Provinsi Jambi saat ini.

Selain itu Mhd Fadhil Arief juga sering disebut sebagai representasi kaum Milenial Jambi, selain itu Mhd Fadhil Arief juga memiliki history yang panjang dalam pengalaman organisasi khsusnya organisasi yang berada di naungan Nahdatul Ulama. Sehingga modal kekuatan politik ini tidak akan menampilkan jika Fadhil Arief juga akan berpotensi maju sebagai balon gubernur Jambi 2024 mendatang.

Dan terakhir Syarif Fasha yang saat ini merupakan Walikota Kota Jambi 2 periode juga sering disebut berpotensi menjadi Calon Gubernur provinsi Jambi di 2024 mendatang. Berdasarkan data LHKPN Syarif Fasha merupakan Pejabat yang memiliki harta terbanyak dari Pejabat Yang ada di Provinsi Jambi. Syarif Fasha juga menjadi Walikota Kota Jambi sebanyak 2 periode,

BACA JUGA  Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik

Dengan menjadi walikota Jambi dan telah berhasil mengubah wajah kota Jambi yang bertranformasi menuju kota pintar menjadikan Fasha idaman para milenial untuk juga dapat membawa Jambi sama seperti Kota Jambi saat ini. Dan yang cukup kuat menjadikan representasi Provinsi Jambi ini merupakan suatu kekuatan yang luar biasa untuk maju menjadi bakal Calon Gubernur Jambi di 2024 mendatang.

Nah itulah beberapa analisis singkat terkait beberapa bakal Calon Gubernur yang sering disebut dikalangan masyarakat Provinsi jambi khususnya. Analisis ini mengambil tekhnik kedekatan yang ada pada para bakal calon Gubernur tersebut.

Share :

Baca Juga

Batanghari

Sinergitas Bersama RT se-Kecamatan Pemayung, Bupati Fadhil Arief Dengarkan Aspirasi Ketua RT

Politik

Unggul sementara di Real Count, M.Firdaus: Langkah awal menghidupkan Demokrasi FAPET

Berita

Sri Purwaningsih Tiba Di Kota Jambi, Siap Dilantik Sebagai Pejabat Wali Kota.

Batanghari

Sah !! Serah Terima Jabatan Kepala Desa Mekar Sari Berjalan Sukses.

Politik

Mantapkan Hati, Tokoh Muda Pemayung Berlabuh ke Partai Bupati Batanghari

Politik

Dampak Manuver Politik Romi Hariyanto Bagi PAN Pada Pilgub Jambi 2024

Batanghari

Jelang Pilpres 2024, “Serikat Pekerja Batang Hari Deklarasi Dukung Cak Imin Presiden”

Breaking News

Mutasi Dan Rotasi Jabatan Di Polri, Dankorbrimob Dan 6 Kapolda Berganti.