Dampak Manuver Politik Romi Hariyanto Bagi PAN Pada Pilgub Jambi 2024

Avatar

- Redaksi

Kamis, 10 November 2022 - 22:05

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh : Dina Trisnani
Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Jambi

Pada tahun 2024 mendatang Provinsi Jambi akan kembali menggelar Pemilu serentak diantaranya Pemilihan Gubernur. Banyak tokoh politik dari berbagai partai akan mencalonkan diri sebagai Cagub pada Pilgub 2024 mendatang, salah satunya Romi Hariyanto selaku Bupati Tanjung Jabung Timur. Romi Hariyanto merupakan kader sekaligus Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN).

Mendekati Pilkada 2024 tentu saja banyak tokoh politik yang akan melakukan pergerakan dengan berkeliling sejumlah Kota dan Kabupaten. Banyak tokoh politik yang gencar melakukan manuver sebelum terjadinya Pemilu. Bisa kita lihat bahwa pada saat mendekati Pemilu banyak sekali tokoh politik yang melakukan Manuver untuk mencari eksistensi di tengah masyarakat, sehingga hal tersebut akan menjadi kekuatan parah tokoh politik untuk menhadapi Pilgub 2024.

Romi Hariyanto telah melakukan manuver di beberapa bulan terakhir yang cukup menggetarkan perpolitikan Jambi. Romi Hariyanto telah banyak melakukan Manuver salah satunya menggelar pertemuan dengan para kader PAN dan Kades di Kabupaten Batanghari.

BACA JUGA  Pemkab Batang Hari Tandatangani Kesepakatan Dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Simak Poinnya

Pergerakan Romi bersafari sejauh ini di sambut cukup positif, bukan hanya tokoh masyarakat yang di temui tetapi pengurus partai selain PAN juga di temui oleh Romi. Manuver terus dilakukan oleh Romi Hariyanto sebagai salah satu Langkah persiapan untuk Pilgub 2024 mendatang. Dalam melakukan Manuver Romin selalu melibatkan pengurus PAN di setiap daerah.

Hal tersebut akan berdampak untuk Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan Partai tempatnya bernaung. Karena di setiap Manuver Romi selalu melibatkan pengurus PAN tentu saja bisa menguntungkan bagi PAN karena eksistensi yang di dapatkan oleh Romi sebagai kader dari PAN. Selain itu Manuver yang dilakukan Romi akan dianggap sebagai bentuk inisiatif untuk mendukung Konsolidasi partai jelang Pemilu Legislatif 2024.

BACA JUGA  Muhammad Jaafar Tepis Kabar Burung, Dan Pastikan Darahnya Tetap Kuning.

Tetapi disisi lain justru membuat PAN dilema, karena sulit dibantah bahwa agenda utama Romi Hariyanto adalah Pemilihan Gubernur jambi 2024 dan faktanya Al Haris selaku Gubernur Jambi merupakan calon rivalnya yang juga kader PAN. Banyak yang menilai bahwa manuver yang telah dilakukan oleh Romi di beberapa bulan terakhir merupakan bentuk perpecahan sarin Partai Amanat Nasional (PAN). Hal tersebut di bantah oleh Ketua DPW Jambi H. Bakri bahwa PAN sedang baik-baik saja.

Sempat lama berpolemik, tetapi pergerakan Romi Hariyanto kelihatan masih sangat fleksibel dan konsisten. Sejumlah agenda ke daerah-daerah bahkan sudah tersusun rapi. Jika sebelumnya Romi Hariyanto menyusuri wilayah barat Jambi, agenda selanjutnya Romi Hariyanto akan menyusuri wilayah tengah dan timur Jambi. Romi tidak membantah soal rencana dirinya maju di Pilgub Jambi 2024.

BACA JUGA  Gemasaba Jambi Gelar "NGOPI" Ngobrol Pintar, Digitalisasi : Harapan atau Ancaman?

Agenda utama Romi Hariyanto adalah tetap konsolidasi partai jelang Pemilihan Umum. Rekannya sesama ketua DPD PAN meminta Romi Hariyanto Untuk memberikan motivasi kepada kepada jajaran pengurus dan kader, karena Romi Hariyanto adalah ketua DPD PAN yang berhasil menempatkan banyak kadernya di kursi DPRD setempat, lebih dari separuh kursi legislatif Tanjung Jabung Timur dikuasai PAN.

Perhitungan politik Romi Hariyanto ini sangat bagus. Karena berani untuk maju pada jalur perseorangan di pemilihan Kepala Daerah 2020, padahal Romi Hariyanto pemegang kendali terkuat. Dampak yang di timbulkan dengan adanya manuver politik Romi Hariyanto akan sangat menguntungkan bagi PAN untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat pada Pemilihan Gubernur Jambi 2024 dan PAN pasti akan lebih memayoritaskan kursi legislatif yang ada.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Disebut Terima Uang dari Caleg, Oknum Panwaslu : Jika Tidak Benar, Akan Saya Laporkan
Oknum Panwaslu di Batanghari Tepis Isu Terima Uang Ratusan Juta dari Caleg DPR RI
Irwanto Caleg DPRD Batanghari No 1 Siap Bantu Rakyat
Upacara Peringatan Hari Guru Nasional, HUT PGRI Ke-78 & HUT Kopri Ke-52 Berjalan Sukses
Baliho Kampaye Caleg Masih Berserak Di Beberapa Tempat, Kinerja Bawaslu Tanjabbar Di Pertanyakan
Kapolda Jambi Gelar Apel Kebangsaan Dan Deklarasi Pemilu Damai 2024
Sri Purwaningsih Tiba Di Kota Jambi, Siap Dilantik Sebagai Pejabat Wali Kota.
Rapat koordinasi Forkopimda Kota Sungai Penuh Tahun 2023 Resmi Dibuka Walikota Ahmadi Zubir
Berita ini 137 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:01

Saung Tani Sungai Puar Menjadi Tempat Koordinasi Kades Se-kecamatan Mersam, Begini Pujian Camat

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:47

Kadis PMD Batanghari Hadiri Rakor Kades di Sungai Puar, Ini Pesannya

Jumat, 17 Mei 2024 - 21:16

DPRD Tanjabbar Gelar Paripurna Pertama Penyampaian Nota Pengantar Raperda APBD Tahun 2023

Jumat, 17 Mei 2024 - 16:12

Pelayanan Pajak di Samsat Jambi Dinilai Sudah Sangat Baik

Kamis, 16 Mei 2024 - 22:46

Kadishub Kerinci Hadiri Acara Rekor Teknis Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Se-provinsi Jambi

Kamis, 16 Mei 2024 - 19:49

Ditpolairud Polda Jambi Tetapkan Tersangka Kasus Tongkang Tabrak Jembatan

Kamis, 16 Mei 2024 - 19:04

Halal Bihalal dan Family Gathering MGBK Kabupaten Batanghari Berlangsung Meriah

Kamis, 16 Mei 2024 - 00:03

Dikomandoi Kepala Desa Kubang Gedang Dan Oknum TNI inisial HC Masyarakat Kayu Aho Mangkak Koto Lanang Di Aniaya

Berita Terbaru