SatBrimob Polda Jambi Kembali Laksanakan Jum’at Berkah Berbagi Nasi kotak LSM MAPPAN dan JPK Laporkan PT CKT Ke KPK RI Bupati Fadhil Arief Halal Bihalal Bersama Insan Pers Bupati Batanghari Ambil Sumpah 846 Orang Tenaga PPPK Formasi Tahun 2023 Ditlantas Polda Jambi Gelar Pelatihan Alat Uji Kebisingan Knalpot Kendaraan Bermotor

Home / Berita

Jumat, 21 Oktober 2022 - 09:13 WIB

Lestarikan Warisan Budaya, Tudung Lingkup Tradisi Wanita Sebrang Kota Jambi Diperkenalkan Kepada Kaum Wanita Muda

Oleh: Heni Anggraini Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Jambi 

OPINI – Tudung lingkup merupakan tradisi perempuan Sebrang Kota Jambi. Tudung lingkup merupakan kain yang menutupi kepala hingga wajah, bahkan sebagian masyarakat Sebrang Kota Jambi menyebutnya sebagai bekerobong.

Tradisi tudung lingkup sudah ada di Kampung Tengah, Pelayangan, Kota Jambi sejak ratusan tahun lalu. Tradisi ini mengharuskan perempuan keluar rumah mengenakan kain untuk menutup kepala dan wajah, hingga memperlihatkan mata saja.

Tudung lingkup dahulunya digunakan oleh perempuan setempat saat keluar rumah, pergi ke sungai batang hari ataupun ke acara hajatan lainnya. Tudung lingkup digunakan oleh ibu-ibu dab para gadis yang ada di desa agar tidak mengundang niatan buruk dari siapa pun yang melihatnya.

BACA JUGA  Menghindar Dari Patroli Kepolisian, Pembalap Liar Di Tungkal Ulu Dan Batang Asam Terkesan Kucing-kucingan.

Dalam rangka melestarikan dan memperkenalkan tradisi tudung lingkup, pada tanggal 28 Agustus 2022 Pemerintah Daerah Provinsi Jambi yang di dukung oleh Kemendikbutristek menyelenggarakan festival tudung lingkup. Festival ini bertujuan untuk mengembalikan ingatan kolektif di masa lalu dan untuk memperkenalkan tradisi kepada kaum muda. Festival tudung lingkup ini diikuti oleh 1.000 ibu-ibu dari seluruh Kecamatan yang ada di Sebrang Kota Jambi.

BACA JUGA  Disinyalir PT APL Buang Limbah ke Sungai, DLH Batanghari dan Polres Batanghari Turun ke Lokasi

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana mengatakan festival tudung lingkup merupakan kearifan lokal Sebrang Kota Jambi yang hingga kini masih terjaga kelestariannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi Mariani Yanti mengatakan, festival tudung lingkup pertama kalinya di gelar.

“Kita mengangkat kearifan lokal tradisi tudung lingkup yang sudah lama ada di Sebrang Kota Jambi, karena kemajuan zaman tradisi tersebut lama-lama tergerus karena itu kita ingin mengangkatnya kembali,” Ujarnya.

BACA JUGA  Kodim 0417/Kerinci Bersama Warga Peduli Lingkungan

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi Pemerintah Kota Jambi berencana akan menggelar festival tudung lingkup setiap tahunnya dengan konsep yang berbeda.

Dengan diadakannya festival tudung lingkup ini diharapkan dapat memberikan ingatan kembali kepada masyarakat Kota Jambi khususnya masyarakat Sebrang Kota Jambi dan memperkenalkan tradisi ini kepada kaum muda yang ada di Kota Jambi. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Peduli Gempa Cianjur, OK-PHP JISIP UNJA Adakan Penggalangan Dana serta Orasi dan Pentas Seni

Berita

Tinjau Lokasi Kebakaran, Dandim 0419 Tanjab Berikan Bantuan.

Berita

Unsur Pimpinan DPRD Tanjung Jabung Barat Hadiri Buka Puasa Bersama Di Rumah Dinas Bupati

Berita

Musibah Kebakaran di Mendalo Tinggalkan Duka Mendalam

Berita

Ketua DPRD Tanjab Barat Hadiri Upacara HUT Ke-61 Bank 9 Jambi

Berita

Personil Polsek Tungkal Ulu, Kembali Lakukan Pembubaran Terhadap Pembalap Liar.

Batanghari

Milenial Peduli Santri Berbagi, Pedangan Pasar Sebut Kelompok Anak Muda Yang Patut Dicontoh

Berita

Kordinator Motivator Tangguh: Program TMMD ke-115 Dapat Meningkatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)