Tarian Sakral Ngagah Harimau Memukau Penonton Di Acara Pembukaan Festival Kerinci Ke-XXl

Avatar

- Redaksi

Jumat, 3 November 2023 - 10:12

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Inspirasijambi.ComK

ERINCI – Gubernur Jambi Al Haris beserta Bupati Kerinci Adi Rozal, Wakil Bupati Ami Taher serta tamu undangan terpukau saat menyaksikan tarian sakral Ngagah Harimau dari Desa Pulau Tengah ketika pembukaan Festival Kerinci ke XXI di Danau Kerinci. Pada Kamis (2/11/2023)

Tari sakral Ngagah Harimau ini dibawakan oleh Sanggar Seni Telaga Biru Pulau Tengah dengan beranggotakan siswa SMAN 3 Kerinci dan MTSN 7 Kerinci.

Tari menggagah harimau diangkat dari tradisi upacara membayar bangun yang dilakukan apabila ada harimau yang mati di rimba belukar Pulau Tengah maka harimau tersebut diusung oleh hulu balang negeri dan masyarakat ke rumah adat.

Kemudian dilakukan upacara membayar bangun di lapangan dan diarak oleh masyarakat dengan tepuk tari yang sakral dengan silat pedang, silat kekuataan tangan kosong dan silat tombak oleh pemangku adat dan dukun negeri.

BACA JUGA  Tukang Ojek dan Becak Se - Tanjung Jabung Barat, "Siap Hantarkan Elpisina Menuju Senayan 2024"

Mereka menyeru penunggu penghuni pematang di tujuh bukit, tujuh lurah, tujuh guguk, tujuh pematang untuk menyaksikan upacara bayar bangun ini, sehingga tidak ada lagi silang sengketa antara harimau dengan masyarakat sehingga amanlah anak cucu dan keturunan-keturunannya.

Untuk diketahui, Festival Kerinci adalah pesta rakyat Kerinci dilakukan setiap tahun dan sudah menjadi event nasional. Sesuai fakta sejarah sudah berlangsung 21 kali sampai dengan Tahun 2023 ini, demikian disampaikan Bupati Kerinci, Adirozal dalam sambutannya saat pembukaan Festival Kerinci ke XXI.

BACA JUGA  Air Hangat Barat Meraih Peringkat Terbaik Camat Tauladan Se-Kabupaten Kerinci

Adirozal mengatakan Festival ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan gerak pengembangan pariwisata tidak hanya pada potensi alam, tetapi diperkaya dengan keanekaragaman seni budaya tradisional.
“Mudah-mudahan dengan festival Kerinci ini dapat membawa kemajuan bagi pariwisata Kabupaten Kerinci yang akan datang, dan semakin diminati oleh wisatawan lokal, nusantara maupun wisatawan mancanegara sehingga mampu meningkatkan citra positif daerah, khususnya sebagai tujuan wisata unggulan yang berkelas nasional dan internasional” ujar Bupati, Adirozal

Ungkapan yang sama, Menteri kemenparekrap diwakili Direktur Pengembangan Destinasi Kemenparekraf, Sri Utari Widyastuti menyampaikan ucapan selamat untuk Kabupaten Kerinci yang telah berhasil melewati berbagai tahap yang ketat bersama ratusan daerah lainnya diseluruh Indonesia. Dari 120 event, Kabupaten Kerinci masuk ke dalam Kharisma event nusantara tahun 2023.

BACA JUGA  Kecamatan Marosebo Ulu Raih Penghargaan Musrenbang RKPD 2024 Terbaik Se-kabupaten Batang Hari

Disebut Sri Utari, Kharisma Event Nusantara merupakan program strategis dari Kemenpanrekrap RI sebagai strategi dan kolaborasi bersama seluruh provinsi di Indonesia melalui penyelenggaraan event berkualitas. KEN bertujuan mendorong pemulihan ekonomi, di mana Fokus dari KEN adalah untuk mempromosikan destinasi wisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan dengan mengangkat keunikan lokalitas yang memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya dan lingkungan dengan prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Sri utari optimis dengan terus mengembangkan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi pengembangan potensi dan penguatan promosi pariwisata dapat berjalan optimal. (Merliyah)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Warga Limbur Dibegal di Pelayang Bungo, Polisi Bekuk Pelaku
Manager PLN ULP Kuala Tungkal Pimpin Penyerahan Bantuan Sapi Serta Berikan Edukasi Tentang Bahaya Listrik Dan Penting Nya Jaga Keselamatan Di Desa Tanjung Paku
Geger, Warga Bungo Temukan Tulang Kepala di Pinggir Sungai
Wabub Hairan Berharap MTQ Desa Gemuruh Jadi Wadah Pengembangan Bibit Baru SDM Berkualitas
Bupati Tanjung Jabung Barat Berikan Ucapan Dan Doa Dihari Ulang Tahun Kapolres
Begini Motif Pembunuhan Mayat Tanpa Kepala di Bungo
Wabub Tegaskan OPD Wajib Ikuti Bimtek Pengelolaan BMD
Wabub Hairan Pimpin Rapat Dewan Hakim MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 16 Juni 2024 - 22:51

Warga Limbur Dibegal di Pelayang Bungo, Polisi Bekuk Pelaku

Sabtu, 15 Juni 2024 - 13:17

Geger, Warga Bungo Temukan Tulang Kepala di Pinggir Sungai

Kamis, 13 Juni 2024 - 22:03

Wabub Hairan Berharap MTQ Desa Gemuruh Jadi Wadah Pengembangan Bibit Baru SDM Berkualitas

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:41

Bupati Tanjung Jabung Barat Berikan Ucapan Dan Doa Dihari Ulang Tahun Kapolres

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:33

Begini Motif Pembunuhan Mayat Tanpa Kepala di Bungo

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:00

Wabub Tegaskan OPD Wajib Ikuti Bimtek Pengelolaan BMD

Rabu, 12 Juni 2024 - 08:46

Wabub Hairan Pimpin Rapat Dewan Hakim MTQ Ke-52 Tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Rabu, 12 Juni 2024 - 08:13

Layanan Terbaik PLN Melalui Aplikasi PLN Mobile

Berita Terbaru