Breaking News! Si Jago Merah Lalap Rumah Warga Sengkati Kecil SatBrimob Polda Jambi Kembali Laksanakan Jum’at Berkah Berbagi Nasi kotak LSM MAPPAN dan JPK Laporkan PT CKT Ke KPK RI Bupati Fadhil Arief Halal Bihalal Bersama Insan Pers Bupati Batanghari Ambil Sumpah 846 Orang Tenaga PPPK Formasi Tahun 2023

Home / Berita / Kerinci / Seni Budaya

Jumat, 3 November 2023 - 10:12 WIB

Tarian Sakral Ngagah Harimau Memukau Penonton Di Acara Pembukaan Festival Kerinci Ke-XXl

Inspirasijambi.ComK

ERINCI – Gubernur Jambi Al Haris beserta Bupati Kerinci Adi Rozal, Wakil Bupati Ami Taher serta tamu undangan terpukau saat menyaksikan tarian sakral Ngagah Harimau dari Desa Pulau Tengah ketika pembukaan Festival Kerinci ke XXI di Danau Kerinci. Pada Kamis (2/11/2023)

Tari sakral Ngagah Harimau ini dibawakan oleh Sanggar Seni Telaga Biru Pulau Tengah dengan beranggotakan siswa SMAN 3 Kerinci dan MTSN 7 Kerinci.

Tari menggagah harimau diangkat dari tradisi upacara membayar bangun yang dilakukan apabila ada harimau yang mati di rimba belukar Pulau Tengah maka harimau tersebut diusung oleh hulu balang negeri dan masyarakat ke rumah adat.

Kemudian dilakukan upacara membayar bangun di lapangan dan diarak oleh masyarakat dengan tepuk tari yang sakral dengan silat pedang, silat kekuataan tangan kosong dan silat tombak oleh pemangku adat dan dukun negeri.

BACA JUGA  Ketua Gemasaba Jambi Mengundurkan Diri, "Jauhar Madani Ambil Alih Kepemimpinan"

Mereka menyeru penunggu penghuni pematang di tujuh bukit, tujuh lurah, tujuh guguk, tujuh pematang untuk menyaksikan upacara bayar bangun ini, sehingga tidak ada lagi silang sengketa antara harimau dengan masyarakat sehingga amanlah anak cucu dan keturunan-keturunannya.

Untuk diketahui, Festival Kerinci adalah pesta rakyat Kerinci dilakukan setiap tahun dan sudah menjadi event nasional. Sesuai fakta sejarah sudah berlangsung 21 kali sampai dengan Tahun 2023 ini, demikian disampaikan Bupati Kerinci, Adirozal dalam sambutannya saat pembukaan Festival Kerinci ke XXI.

BACA JUGA  Mobil Terperosok Dalam Lumpur di Bungo, Satu Keluarga Asal Sumbar Meninggal

Adirozal mengatakan Festival ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan gerak pengembangan pariwisata tidak hanya pada potensi alam, tetapi diperkaya dengan keanekaragaman seni budaya tradisional.
“Mudah-mudahan dengan festival Kerinci ini dapat membawa kemajuan bagi pariwisata Kabupaten Kerinci yang akan datang, dan semakin diminati oleh wisatawan lokal, nusantara maupun wisatawan mancanegara sehingga mampu meningkatkan citra positif daerah, khususnya sebagai tujuan wisata unggulan yang berkelas nasional dan internasional” ujar Bupati, Adirozal

Ungkapan yang sama, Menteri kemenparekrap diwakili Direktur Pengembangan Destinasi Kemenparekraf, Sri Utari Widyastuti menyampaikan ucapan selamat untuk Kabupaten Kerinci yang telah berhasil melewati berbagai tahap yang ketat bersama ratusan daerah lainnya diseluruh Indonesia. Dari 120 event, Kabupaten Kerinci masuk ke dalam Kharisma event nusantara tahun 2023.

BACA JUGA  Seorang Pelajar SMA 7 Tutup Usia Usai Mengalami Kecelakaan

Disebut Sri Utari, Kharisma Event Nusantara merupakan program strategis dari Kemenpanrekrap RI sebagai strategi dan kolaborasi bersama seluruh provinsi di Indonesia melalui penyelenggaraan event berkualitas. KEN bertujuan mendorong pemulihan ekonomi, di mana Fokus dari KEN adalah untuk mempromosikan destinasi wisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan dengan mengangkat keunikan lokalitas yang memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya dan lingkungan dengan prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Sri utari optimis dengan terus mengembangkan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi pengembangan potensi dan penguatan promosi pariwisata dapat berjalan optimal. (Merliyah)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Audensi Dengan BKN Pusat Terkait Formasi ASN Dan PPPK

Berita

PJ Bupati Kerinci Gelar Pesantren Kilat Ramdhan Bersama Tim Penggerak PKK

Berita

Pemuda Wajib Hadir! KTI Sungai Rengas Besok Adakan Rapat Penyampaian LPJ

Berita

Gubernur Al Haris Berikan Umroh Gratis Kepada 2 Guru dan 3 Siswa SIT Nurul Ilmi Jambi

Berita

Dugaan Kasus Korupsi Dana Makan Atlet Senilai 1,1 M di Dispora Jambi Belum Ada Kejelasan

Batanghari

Diduga Pasar Malam di Tebo Dijadikan Ajang Tempat Perjudian

Berita

Lestarikan Warisan Budaya, Tudung Lingkup Tradisi Wanita Sebrang Kota Jambi Diperkenalkan Kepada Kaum Wanita Muda

Berita

Sekda Tanjabbar Dampingi Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Pada Monitoring & Evaluasi Lomba Desa, Di Desa Purwodadi Tebing Tinggi