Tampil Beda!! IPTU Ivan Disebut-sebut Seorang Ustadz.

Avatar

- Redaksi

Selasa, 27 Juni 2023 - 12:53

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANJABBAR – Kepolisian Sektor Tungkal Ulu, IPTU Ivan Ripai, S.Sos.I.,M.Pd, dikenal sosok dekat dengan masyarakat, khususnya dilingkungan tempat ia bertugas di Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat(Tanjabbar), Provinsi Jambi.

Selain dikenal dengan keramahannya, dilingkungan nya Ivan disebut-sebut sebagai ustad, Karena Tidak jarang Ivan menjadi Khotib Jumatan dibeberapa masjid diwilayah Tungkal Ulu, dan Batang Asam.

Meskipun demikian, dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kapolsek Tungkal Ulu Ivan tidak segan-segan menindak tegas kepada siapapun yang melanggar ketentuan hukum.

Selaku Kapolsek, dirinya dinilai berhasil mengayomi masyarakat dilingkungan nya. Tidak jarang Iptu Ivan dijumpai duduk bersama dengan masyarakat di warung, dirumah penduduk dan ditempatkan-tempat lainnya.

Oleh kedekatannya dengan masyarakat Citra Polri kembali baik, (khusus diwilayah tugasnya) setelah kasus Feredy Sambo menjatuhkan nama baik kepolisian Republik Indonesia.

Sama-sama diketahui, publik dihebohkan dengan kasus Feredy Sambo yang membunuh ajudannya. Hingga lembaga survei menyebutkan tingkat kepercayaan publik pada polri menurun drastis.

BACA JUGA  Diduga Pembangunan Perpustakaan Desa Rengas IX Tidak Sesuai Spesifikasi

Belum redup kenangan Sambo, Polri mendapat sorotan miring terkait penangan kekisruhan pascapertandingan sepak bola Arema Vs Persebaya di stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober silam.

Menyusul lagi kasus yang tak kalah besar menghajar Polri. Tak tanggung-tanggung, seorang inspektur jendral Teddy Minahasa terlibat peredaran narkoba.

Namun disisi lain, hadir sosok lain yang sangat berbeda meskipun hanya berpangkat IPTU Kapolsek Tungkal Ulu berhasil menjelma ditengah masyarakat sebagai teman, pelindung, bahkan sebagai keluarga oleh masyarakat.

IPTU Ivan mempunyai kebiasaan berkeliling dari satu wilayah ke wilayah yang lain hanya untuk mengetahui wilayah dan mengenal masyarakat di wilayah tugasnya. Diketahui 2 Kecamatan (Tungkal Ulu – Batang Asam), 19 desa, 2 Kelurahan berada dalam wilayah hukum Polsek Tungkal Ulu.

Selaku jajaran polri Ivan berupaya mengembalikan kepercayaan publik terhadap polri dengan sebaik mungkin, hal itu tampak dari jajaran Polsek Tungkal Ulu, mengelar berbagai giat sosial untuk menciptakan keharmonisan antara polri dan masyarakat.

BACA JUGA  Ditpolairud Polda Jambi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Sejatinya polisi bukan untuk ditakuti akan tetapi sebaliknya, polisi pelindung bagi yang lemah dan pelayanan bagi masyarakat luas.

Polisi bertugas menjaga ketertiban umum, memelihara keamanan, dan mengayomi masyarakat. Dalam penegakan hukum, polisi berada di garda terdepan sebelum jaksa dan hakim.

Pangkat dan jabatannya di atur oleh negara demi menciptakan kedamaian di tanah air.

Sejalan dengan itu, Lembaga Kepolisian di Indonesia diatur dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Polisi RI sebagai alat penegak hukum terutama bertugas memelihara keamanan dalam negeri dan dalam tugasnya selalu menjunjung tinggi HAM dan hukum negara.

Meskipun ada oknum polisi yang tidak mentaati aturan dalam bertugas, dan terkesan sewenang-wenangan hal itu bukan perinsip polisi sesungguhnya.

Diketahui, polisi berkerja melalui pemolisiannya baik diranah birokrasi maupun ranah masyarakat untuk mewujudkan dan memelihara keteraturan sosial. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan terjaminnya keamanan dan rasa aman dalam hidup dan kehidupan masyarakat.

BACA JUGA  Buaya Darat Menghebohkan Di Tungkal Ulu

Demikian pula peryataan Iptu Ivan Ripai saat berbincang-bincang diruangannya pada beberapa waktu lalu ” Dengan adanya keamanan dan rasa aman, warga masyarakat dapat melakukan aktivitasnya untuk menghasilkan produksi yang dapat membuat mereka hidup tumbuh dan berkembang ” ucap Kapolsek Tungkal Ulu.

Kendati demikian Iptu Ivan Ripai tidak membatasi diri terhadap masyarakat dengan tujuan terciptanya komunikasi dan mempererat tali silaturahmi. Oleh sebab itu tidak heran Kapolsek satu ini disenangi oleh para tokoh masyarakat dan pemuka agama yang ada di kabupaten Tanjung Jabung Barat. Khususnya Kecamatan Tungkal Ulu dan Kecamatan Batang Asam.

Penilaian warga masyarakat terhadap kepolisian makin hari makin membaik semenjak program kepolisian diterapkan oleh Iptu Ivan. Dari Jumat berkah yang berisi mendengarkan keluh kesah masyarakat hingga terciptanya keamanan bagi masyarakat luas.

(Red)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Fikirman Halawa Pelaku Kriminal Diburu Ratusan Warga Desa Taman Raja, Begini Nasib Orang Tua Pelaku
Acara Perpisahan SMK Negeri 6 Tanjab Barat Berjalan Dengan Meriah
Sah, Azwar Nahkodai Join Batanghari
Bocah Kelas 5 SD Di Kelurahan Simpang Tuan Jadi Korban Pencabulan, Pelaku Belum Dilumpuhkan
PUPR Tanjung Jabung Barat Akan Check Jalan Lintasan Masyarakat Desa Lubuk Bernai – Lubuk Lawas, Begini Kata PJS Kades
Petugas UPPKB Jambi-Merlung Nyaris Dihantam Truk Ugal-ugalan
SatBrimob Polda Jambi Kembali Laksanakan Jum’at Berkah Berbagi Nasi kotak
LSM MAPPAN dan JPK Laporkan PT CKT Ke KPK RI
Berita ini 123 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 2 Mei 2024 - 21:16

Dua Orang Pelaku Pembunuhan Di Tungkal Ulu Diamankan Polisi

Kamis, 2 Mei 2024 - 15:31

Fikirman Halawa Pelaku Kriminal Diburu Ratusan Warga Desa Taman Raja, Begini Nasib Orang Tua Pelaku

Senin, 29 April 2024 - 11:34

Breaking News! Si Jago Merah Lalap Rumah Warga Sengkati Kecil

Sabtu, 20 April 2024 - 16:40

Tujuh Siswi Aliyah Di Kota Seberang Tanjung Jabung Barat Dilecehkan Oknum Kepala Sekolah

Kamis, 18 April 2024 - 20:04

PLN Kuala Tungkal Dengan Sigap Berupaya Lakukan Penormalan Paska Gangguan Petir

Kamis, 11 April 2024 - 11:26

Welmuel Gulo Sang Pelaku Maling Dirumah Warga Telah Di Jinakkan Oleh Polsek Tungkal Ulu

Sabtu, 23 Maret 2024 - 16:20

Terungkap! Dua Orang Santri Ponpes Raudhatul Mujawwidin Di Tebo Bunuh Adik Kelasnya

Sabtu, 23 Maret 2024 - 08:08

PT Jadeston Sepelekan Surat Perjanjian, Anggota DPRD Provinsi Jambi Mohh. Rendra Ramadhan Berang

Berita Terbaru