SatBrimob Polda Jambi Kembali Laksanakan Jum’at Berkah Berbagi Nasi kotak LSM MAPPAN dan JPK Laporkan PT CKT Ke KPK RI Bupati Batanghari Ambil Sumpah 846 Orang Tenaga PPPK Formasi Tahun 2023 Ditlantas Polda Jambi Gelar Pelatihan Alat Uji Kebisingan Knalpot Kendaraan Bermotor 1 Tahun Tak Berfungsi, Pengurus Pamsimas Tanjung Pasir Bantah Abaikan Kerusakan Mesin Pompa

Home / Breaking News / Nasional / Tanjabbar

Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:40 WIB

Pokok Kelapa Sawit Terlihat Kokoh Dipinggir Sungai/Waduk, Diduga PT Bukit Kausar Tidak Indahkan PP Nomor 38 Tahun 2011 Tentang Sungai.

TANJABBAR – PT Bukit Kausar atau PTPN 6 berlokasi di Desa Rantau Benar, Kecamatan Renah Mandaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit melakukan penanaman kelapa sawit di pinggir sungai atau yang disebut Daerah Aliran Sungai, bukankah menurut ketentuan peraturan perundang-undangan hal tersebut suatu aksi merusak lingkungan.

Seperti yang terlihat di salah satu sungai yang tidak jauh dari perkantoran perkebunan PT Bukit Kausar, pokok kelapa sawit dengan kokoh berdiri dipinggir sungai dan dipinggir waduk.

BACA JUGA  Razia Santun, Koramil 415-02 Mersam Berbagi Takjil Gratis.

Menurut Edi sikap perusahaan yang melakukan penanaman kelapa sawit di pinggir sungai sangat bertentangan dengan peraturan pemerintah (PP) NOMOR 38 TAHUN 2011 Tentang Sungai.

“Peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2011 tentang sempadan sungai harus ada bufferzonenya, atau penyangga sungai” ucap Warga Batang Asam ini.

Lebih lanjut Edi mengatakan aliran sungai tidak boleh ditanami sawit.

Menurutnya, pelarangan menanam sawit atau tumbuh-tumbuhan yang menyerap air didaerah buffer zine (penyangga), sesuai dengan sempadan sungai yang sudah diatur dalam PP tersebut, yakni 100 meter untuk sungai besar dan 50 meter untuk sungai kecil.

BACA JUGA  343 Pejabat Fungsional Di Lantik Bupati Batang Hari.

Di sisi lainnya, awak media mencoba mendatangi kantor kebun perusahaan PT Bukit Kausar guna konfirmasi terkait hal tersebut.

” Humas lagi di kota Jambi, karna beliau lagi sakit ” ujar security perusahaan saat ditemui di pos, pintu masuk kantor. Pada Jumat siang (19/5/2023).

Menurut security, wakil humas tidak dapat ditemui karna masih ada kesibukan.

BACA JUGA  Hikmawati, Mengidap Kanker Butuh Pertolongan Bupati Batanghari Serta Para Dermawan.

” Wakil humas tidak dapat ditemui pak, Karna masih sibuk, soalnya ada tamu juga ” tambah security ini.

Kendati demikian, awak media mencoba menghubungi staf Humas kebun PT Kausar Via WhatsApp.

” Saya sudah 3 Minggu berobat di Jambi pak” jawab humas saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut Humas mengarahkan awak media menemui kepala ke amanan perusahaan.

” Coba koordinasi dengan pak Bro Danto ” Tambahnya. (Red)

Share :

Baca Juga

Berita

DEWAN PENGACARA NASIONAL INDONESIA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH CALON ADVOKAT ANGKATAN PERTAMA DI JAMBI

Berita

Jadi Partai Pertama Serahkan Perbaikan Bacaleg ke KPU, Ketua DPC PKB Tebo Ungkap Kesiapan PKB Hadapi Pemilu 2024 dan Bersinergi bersama Wujudkan Pemilu yang damai dan Aman.

Batanghari

Razia Santun, Koramil 415-02 Mersam Berbagi Takjil Gratis.

Berita

Satlantas Polres Tanjung Jabung Barat Pasang Rambu Peringatan

Breaking News

Miris !! Pembangunan Tribun Di Batang Asam Mangkrak.

Breaking News

Rumah Mewah Oknum Pejabat Di Tanjung Jabung Barat Jadi Sorotan

Berita

Tragis! Gunakan Parang Adik Bacok Abang Kandung Di Batang Asam Hingga Tewas

Berita

Jl. Lintas Merlung – Muara Bulian Tidak Tersentuh Oleh Pemerintah Provinsi Jambi, Putra Daerah Tanjung Jabung Barat Muhammad Balyani Ambil Sikap.