SatBrimob Polda Jambi Kembali Laksanakan Jum’at Berkah Berbagi Nasi kotak LSM MAPPAN dan JPK Laporkan PT CKT Ke KPK RI Bupati Fadhil Arief Halal Bihalal Bersama Insan Pers Bupati Batanghari Ambil Sumpah 846 Orang Tenaga PPPK Formasi Tahun 2023 Ditlantas Polda Jambi Gelar Pelatihan Alat Uji Kebisingan Knalpot Kendaraan Bermotor

Home / Breaking News / Kerinci

Selasa, 5 Maret 2024 - 14:49 WIB

Peringati HKG PKK Ke 52, Pj Bupati Asraf Dan Camat Keliling Danau Gerakan Tanam Cabai Secara Serentak

KERINCI, Inspirasijambi.com – Dalam rangka menjaga inflasi Daerah, Pj Bupati Kerinci Asraf melakukan gerakan tanam cabai serentak dalam rangka peringatan hari kesatuan gerak PKK (HKG – PKK) Ke 50, Pada Senin (04/03/2024).

Gerakan tanam cabai serentak yang dilaksanakan tersebut adalah gerakan secara serentak di seluruh Indonesia ini, untuk Kabupaten Kerinci mengambil lokasi di kebun PKK Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua PKK Kabupaten Kerinci Nurhayati Asraf, seluruh OPD, Camat, Kades serta ibu PKK di Kabupaten Kerinci.

Gerakan tanam cabai serentak ini juga, diikuti melalui zoom serentak seluruh Indonesia.

BACA JUGA  Dr Feri Ariyanto Politisi Muda Partai Golkar Mengklaim Suara 2.736

Pj Bupati Kerinci Asraf, dalam sambutannya menyampaikan bahwa gerakan tanam cabai serentak ini yang digagas Kemendagri RI dilaksanakan serentak hari ini di seluruh indonesia termasuk di Kerinci yang lokasinya di kebun PKK Dusun Baru Pulau Tengah merupakan dalam rangka hari kesatuan gerak PKK.

“Kita berharap ini bukan seremonial saja, oleh karena itu kami minta Camat di setiap Kecamatan mencari satu lokasi Desa, untuk dijadikan kegiatan menanam cabe yang nantinya bisa digunakan Dana Desa yang 20 persennya untuk ketahanan pangan,” Ujarnya.

Disampaikannya bahwa, gerakan tanam cabai serentak ini juga merupakan salah satu yang masuk mempengaruhi angka inflasi. Semoga, setalah gerakan ini, kedepannya inflasi di Kerinci terus membaik.

BACA JUGA  Terbaru! Dari 35 Anggota DPRD Batang Hari Hanya 12 Orang Terpilih Kembali Pada Pileg 14 Februari lalu

Ditambahkannya bahwa Pemerintah Daerah terus berupaya menyusun langkah-langkah strategis dalam mencegah dan mengendalikan dampak inflasi di Kabupaten Kerinci diantaranya dengan sinergi dan inovasi untuk menjaga stabilisasi harga dan mewujudkan ketahanan pangan.

“Untuk masalah inflasi merupakan masalah global, untuk mengahadapi inflasi ini butuh kreatifitas termasuk di daerah, setidaknya masyarakat dapat menaman untuk kebutuhan sehari hari seperti cabai, bawang dan lain-lain,” jelasnya.

Menurut Asraf, gerakan tanam cabai dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah agar masyarakat bisa memenuhi sendiri kebutuhan cabai secara mandiri dan berdampak pada upaya menekan inflasi yang disumbang oleh cabai merah.

BACA JUGA  Pasi Intel Kodim 0415/Jambi Hadiri Deklarasi Kampung Bebas Narkoba, Ini Harapannya

“Saya berharap masyarakat, khususnya petani kerinci dapat membiasakan dengan memanfaatkan potensi daerah kita yang kaya dan subur dari hal-hal kecil saja misal menaman cabai dipolybag di halaman rumah,” Ujarnya.

“Marilah kita sambut dengan baik, dan ini termasuk program di Ketahanan Pangan. Kegiatan seperti ini, tentunya tidak bisa mengandalkan hanya PKK saja, akan tetapi juga perlu kerjasama dan dukungan seluruh OPD terkait dan Camat serta Desa,” pungkasnya. (MLy)

Share :

Baca Juga

Berita

UMKM Milenial Launching, Al Haris Serahkan Kartu UMKM Milenial

Batanghari

Tim Reskrim Polsek Mersam Ringkus Sang Ninja Sawit Dengan Kasus Pengancaman

Breaking News

Perkelahian Berujung Maut, Siswi SMP di Marosebo Ulu Meninggal Dunia

Batanghari

Lakalantas ! Di Kembang Seri, Marosebo Ulu, Diduga Satu Orang Meregang Nyawa

Berita

PLTA Kerinci Selain Menghasilkan Listrik Juga Bisa Menjadi Pencegah Banjir

Berita

Kembali Di Usulkan Menjadi PJ Bupati Muaro Jambi, Mantan Ketua Gema Al-Haris Nilai Bachyuni Masih Sangat Layak Pimpin Muaro Jambi

Berita

Gelar Bakti Sosial Ramadhan 1444 Hijriah, PMII Rayon FISIPOL UNJA Sambangi Panti Asuhan Ibadurrahman Kota Jambi.

Breaking News

BREAKING NEWS! Harga BBM Pertalite, Solar, Hingga Pertamax Resmi Naik