Tidak Ada Satupun DPRD Batanghari Menghadiri Musrenbang Kecamatan Marosebo Ulu Musrenbang RKPD Kabupaten Batanghari di Marosebo Ulu, 133 Usulan di Ajukan 3 Tahun Kepimpinan Fadhil-Bakhtiar, Batanghari Berkembang Pesat Berikut Nama-nama Caleg yang Menduduki Kursi DPRD Batanghari Dapil 4 Gencarkan Hidup Sehat, Mahasiswa KKN STIKES HI Jambi Ajak Masyarakat Sungai Puar Senam

Home / Berita / Nasional / Tanjabbar

Selasa, 27 Juni 2023 - 12:53 WIB

Tampil Beda!! IPTU Ivan Disebut-sebut Seorang Ustadz.

TANJABBAR – Kepolisian Sektor Tungkal Ulu, IPTU Ivan Ripai, S.Sos.I.,M.Pd, dikenal sosok dekat dengan masyarakat, khususnya dilingkungan tempat ia bertugas di Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat(Tanjabbar), Provinsi Jambi.

Selain dikenal dengan keramahannya, dilingkungan nya Ivan disebut-sebut sebagai ustad, Karena Tidak jarang Ivan menjadi Khotib Jumatan dibeberapa masjid diwilayah Tungkal Ulu, dan Batang Asam.

Meskipun demikian, dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kapolsek Tungkal Ulu Ivan tidak segan-segan menindak tegas kepada siapapun yang melanggar ketentuan hukum.

Selaku Kapolsek, dirinya dinilai berhasil mengayomi masyarakat dilingkungan nya. Tidak jarang Iptu Ivan dijumpai duduk bersama dengan masyarakat di warung, dirumah penduduk dan ditempatkan-tempat lainnya.

Oleh kedekatannya dengan masyarakat Citra Polri kembali baik, (khusus diwilayah tugasnya) setelah kasus Feredy Sambo menjatuhkan nama baik kepolisian Republik Indonesia.

Sama-sama diketahui, publik dihebohkan dengan kasus Feredy Sambo yang membunuh ajudannya. Hingga lembaga survei menyebutkan tingkat kepercayaan publik pada polri menurun drastis.

BACA JUGA  Bupati Fadhil Arief Hadiri Pengukuhan Dan Rapat Kerja Pimpinan Daerah Muhammadiyah.

Belum redup kenangan Sambo, Polri mendapat sorotan miring terkait penangan kekisruhan pascapertandingan sepak bola Arema Vs Persebaya di stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober silam.

Menyusul lagi kasus yang tak kalah besar menghajar Polri. Tak tanggung-tanggung, seorang inspektur jendral Teddy Minahasa terlibat peredaran narkoba.

Namun disisi lain, hadir sosok lain yang sangat berbeda meskipun hanya berpangkat IPTU Kapolsek Tungkal Ulu berhasil menjelma ditengah masyarakat sebagai teman, pelindung, bahkan sebagai keluarga oleh masyarakat.

IPTU Ivan mempunyai kebiasaan berkeliling dari satu wilayah ke wilayah yang lain hanya untuk mengetahui wilayah dan mengenal masyarakat di wilayah tugasnya. Diketahui 2 Kecamatan (Tungkal Ulu – Batang Asam), 19 desa, 2 Kelurahan berada dalam wilayah hukum Polsek Tungkal Ulu.

Selaku jajaran polri Ivan berupaya mengembalikan kepercayaan publik terhadap polri dengan sebaik mungkin, hal itu tampak dari jajaran Polsek Tungkal Ulu, mengelar berbagai giat sosial untuk menciptakan keharmonisan antara polri dan masyarakat.

BACA JUGA  DEWAN PENGACARA NASIONAL INDONESIA MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH CALON ADVOKAT ANGKATAN PERTAMA DI JAMBI

Sejatinya polisi bukan untuk ditakuti akan tetapi sebaliknya, polisi pelindung bagi yang lemah dan pelayanan bagi masyarakat luas.

Polisi bertugas menjaga ketertiban umum, memelihara keamanan, dan mengayomi masyarakat. Dalam penegakan hukum, polisi berada di garda terdepan sebelum jaksa dan hakim.

Pangkat dan jabatannya di atur oleh negara demi menciptakan kedamaian di tanah air.

Sejalan dengan itu, Lembaga Kepolisian di Indonesia diatur dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 2022 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Polisi RI sebagai alat penegak hukum terutama bertugas memelihara keamanan dalam negeri dan dalam tugasnya selalu menjunjung tinggi HAM dan hukum negara.

Meskipun ada oknum polisi yang tidak mentaati aturan dalam bertugas, dan terkesan sewenang-wenangan hal itu bukan perinsip polisi sesungguhnya.

Diketahui, polisi berkerja melalui pemolisiannya baik diranah birokrasi maupun ranah masyarakat untuk mewujudkan dan memelihara keteraturan sosial. Semua itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan terjaminnya keamanan dan rasa aman dalam hidup dan kehidupan masyarakat.

BACA JUGA  Jumat Curhat ! Ormas, LSM Serta Pemerhati Lingkungan Di Undang Polda Jambi

Demikian pula peryataan Iptu Ivan Ripai saat berbincang-bincang diruangannya pada beberapa waktu lalu ” Dengan adanya keamanan dan rasa aman, warga masyarakat dapat melakukan aktivitasnya untuk menghasilkan produksi yang dapat membuat mereka hidup tumbuh dan berkembang ” ucap Kapolsek Tungkal Ulu.

Kendati demikian Iptu Ivan Ripai tidak membatasi diri terhadap masyarakat dengan tujuan terciptanya komunikasi dan mempererat tali silaturahmi. Oleh sebab itu tidak heran Kapolsek satu ini disenangi oleh para tokoh masyarakat dan pemuka agama yang ada di kabupaten Tanjung Jabung Barat. Khususnya Kecamatan Tungkal Ulu dan Kecamatan Batang Asam.

Penilaian warga masyarakat terhadap kepolisian makin hari makin membaik semenjak program kepolisian diterapkan oleh Iptu Ivan. Dari Jumat berkah yang berisi mendengarkan keluh kesah masyarakat hingga terciptanya keamanan bagi masyarakat luas.

(Red)

Share :

Baca Juga

Berita

BUMDesa Bersama Astan Jaya Salurkan PAD 11 Juta/Desa TA 2023

Berita

Kerap Terjadi Peristiwa Di Tanjakan Jalan Lintas Timur Desa Panoban, Simak Kejadian Pagi Ini

Berita

Ini Alasan Desa Kembang Seri Baru Terpilih Jalankan Program TMMD ke 115

Batanghari

Kepsek SDN 021/1 Buluh Kasab Berang Diduga Atas Berita Bobrok Penggunaan Dana BOS

Berita

Teguhkan Nilai Pancasila, Pemuda Katolik Komda Jambi Gelar Seminar, Gerakan Nasional Bertajuk Ideologi Bangsa Di Era Digitalsasi.

Berita

Kepsek SDN 153/VIII Lancar Tiang Jarang Ngantor Sejak 2019

Berita

BRI Sungai Penuh Panen Hadiah! Walikota Ahmadi Zubir Undikan Hadiah Mobil.

Berita

Balai KB Marosebo Ulu Laksanakan Pelayanan Gratis Pada Pembukaan TMMD ke – 115 Kodim 0415/Jambi