Tidak Ada Satupun DPRD Batanghari Menghadiri Musrenbang Kecamatan Marosebo Ulu Musrenbang RKPD Kabupaten Batanghari di Marosebo Ulu, 133 Usulan di Ajukan 3 Tahun Kepimpinan Fadhil-Bakhtiar, Batanghari Berkembang Pesat Berikut Nama-nama Caleg yang Menduduki Kursi DPRD Batanghari Dapil 4 Gencarkan Hidup Sehat, Mahasiswa KKN STIKES HI Jambi Ajak Masyarakat Sungai Puar Senam

Home / Berita / Tanjabbar

Kamis, 16 November 2023 - 11:29 WIB

SMK Negeri 6 Tanjab Barat Kangkangi Surat Edaran Kadisdik Provinsi Jambi

TANJABBAR – Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Tanjab Barat di Kelurahan Lubuk Kambing secara terang-terangan melakukan punggutan kepada siswa sebesar Rp 85.000/ Siswa.

Padahal jika merujuk pada surat edaran (SE) Kadis Pendidikan Provinsi Jambi yang ditujukan kepada Kepala sekolah SMK/SMA untuk tidak melakukan punggutan pada siswa dalam bentuk apapun disatuan pendidikan, seperti dana OSIS, dana pramuka, dana ekstrakurikuler, serta dana Komite.

Dan apabila satuan Pendidikan melaksanakan harus berpedoman pada Permen Pendidikan dan kebudayaan No 75 Tahun 2020 tentang Komite Sekolah, yang bersifat sumbangan sukarela, serta jika sekolah melaksanakan hal yang dilarang sesuai peraturan maka akan diberi sanksi Administrasi maupun Sanksi Pidana.

BACA JUGA  Rapat Kerja Cabang DPC PDI-P Kota Sungai Penuh Berjalan Sukses

Beberapa Siswa yang sempat dikonfirmasi secara lantang menyampaikan wajib membayar iuran pada salah satu guru sebesar Rp 85.000/bulan. Menurut pelajar ini iuran tersebut sudah berlangsung cukup lama bahkan sudah mencapai 5 tahunan.

” 85.000 itu iuran wajib tanpa terkecuali. ” ungkap siswa berbadan gempal ini.
Lanjutnya lagi, jikalau siswa tidak membayar iuran tersebut maka terancam tidak bisa ikut Ujian lantaran Nomor Ujian ditahan serta Ijazah Kelulusan juga tidak dikeluarkan.

BACA JUGA  Pemkot Sungai Penuh Melaunching Bantuan dan Penyaluran Pangan Beras Periode Januari - Juni 2024

“Wajib bayar jika tidak tak bisa Ujian” Tambahnya.

Terpisah Jogi Kardila dimarkaa LSM Panglima mengatakan pihak Sekolah secara terang-terangan mengakangi surat edaran Kadisdik Propinsi Jambi yang seharusnya hal ini tidak terjadi.

“Kadisdik Provinsi Jambi harus tegas dan wajib crosschek ketempat, jangan surat edaran diabaikan oleh pihak Sekolah, “Cetusnya.

Jorgi secara lembaga akan membuat laporan Resmi kepihak terkait sebab ini maslah sudah memenuhi unsur Pidana berupa Pungli apalagi Punggutan tersebut ditentukan dengan Nominal, meskipun pihak sekolah berdalih dibawah Komite Sekolah

BACA JUGA  Seorang Warga Sungai Saren Di Temukan Sudah Tidak Bernyawa!

“Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan membuat laporan secara resmi, jika ada unsur pidana diharapkan ditindak tegas agar memberi epek jera bagi Sekolah lainnya” tutupnya.
Sementara itu Kepsek SMK Negeri 6 Tanjab Barat, Hadi Mugiono SPd belum bisa dihubungi, meskipun sudah beberapa kali didatangi kesekolah. (..)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Jumat Berkah! Milenial Peduli Santri Batanghari Kembali Berbagi Takjil

Breaking News

Personil Kodim 0419/Tanjab Gagalkan Upaya Sindikat Penggelapan Mobil.

Berita

Kapolsek Tabir Berharap Polsek Berdiri Di Kecamatan Tabir Ilir

Berita

Satlantas Polres Tanjung Jabung Barat Pasang Rambu Peringatan

Berita

Hasil Akhir KPU-M Keliru !!!, Pasangan Firdaus-Sofyan Ungguli Real Count Final Versi LPTIK UNJA

Berita

Tentang Pondok Remang-Remang Humas Kecamatan Batang Asam Pinta Laporan

Batanghari

Ini Penyebab Listrik Mati di Marosebo Ulu dan Mersam

Berita

SALAH KAPRAH DALAM PENANGANAN HUKUM TERHADAP PENYALAHGUNA NARKOTIKA