Koperasi Sehati Makmur Abadi Sungai Rengas Diduga Berkedok Rentenir Dandim 0415/Jambi sambut Tim The Rising Tide-A Resonance 2023 ke Titik Finish di Wilayah Kodim 0415/Jambi Tolak Relokasi Rempang Batam, Aliansi Bangsa Bersatu Melayu Tanjabtim Gelar Aksi Solidaritas Ikut Meramaikan Open Turnamen Badminton, PB Arvi Turunkan Atlet Legend HUT Ke-3, Media Deteksijambi Adakan Turnamen Bola Voli

Home / Berita

Selasa, 20 September 2022 - 10:01 WIB

PPK Ormawa Imatika FKIP UNJA Membuat Program Desa Cerdas Bertajuk Desa Cendekia

INSPIRASIJAMBI.COM, JAMBI РTim ORMAWA IMATIKA Universitas Jambi lolos pendanaan nasional dalam ajang lomba Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan yang diadakan oleh Kemendikbud RI.

Program yang dijalankan oleh tim ini diantaranya yaitu pojok literasi, workshop atau Lokakarya, Galeri Budaya, dan Koperasi siswa di sekolah dasar. Kelima program tersebut tidak luput dari persetujuan pemerintah desa setempat.

Haviz, S.Pd., Kepala Desa Rantau Puri menyatakan dukungannya terhadap program yang dijalankan oleh tim PPK ORMAWA ini.

“Semua program yang di ajukan di desa ini tidak ada yang merugikan, melainkan banyak manfaat yang bisa diambil atau didapatkan. Saya berharap, tim PPK Universitas Jambi sukses selalu dalam menjalankan programnya,” ucapnya.

BACA JUGA  Bupati Batanghari Apresiasi Program TMMD ke 115 di Desa Kembang Seri Baru

Diketahui, Program pojok literasi dengan nama pojok cendekia ini didirikan di lima titik yang ada di desa Rantau Puri, meliputi Pojok Cendekia di SDN 17/I Rantau Puri, TK UMMI, TK AL-MUTTAQIN, Madrasah Diniyah, dan Pondok Cendekia di area Balai Desa Rantau Puri. Tujuan didirikannya pojok cendekia yaitu untuk meningkatkan literasi baca tulis dan numerasi pada anak.

Program selanjutnya, yaitu workshop dan lokakarya yang bertujuan agar masyarakat mendapatkan pengetahuan mengenai suatu hal. Workshop yang telah dilaksanakan yaitu bertema literasi keluarga, literasi digital terhadap Ms. Excell dan literasi sains.

BACA JUGA  Diduga Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi Minta Fee Ke Proyek Revitalisasi Danau Sipin

Selanjutnya terdapat galeri budaya yang berisikan sejarah dan budaya daerah Jambi. Galeri budaya ini bertujuan agar masyarakat mengetahui adat dan budaya jambi.

Terakhir, terdapat koperasi siswa yang bertujuan agar siswa sekolah dasar mengetahui literasi dasar finansial.

Tingkat antusiasme masyarakat terhadap program yang dijalankan sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan respon masyarakat dalam mengisi angket, mendukung pelaksanaan program, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  Kapolres Batanghari Lakukan Kunjungan Kerja ke Polsek Mersam

“Semua program yang diberikan memberikan dampak yang sangat bermanfaat. Sangat terasa sekali perubahan yang dirasakan,” Ungkap Salah satu tokoh masyarakat Rantau Puri.

Melalui pojok literasi dan koperasi, kemampuan literasi dasar maupun literasi keuangan siswa meningkat. Lalu, pengetahuan masyarakat mengenai sejarah dan budaya Jambi juga meningkat karena adanya galeri budaya.

“Tidak hanya itu, dengan adanya workshop dan lokakarya mampu menambah pengetahuan masyarakat di bidang digital maupun kesehatan dan kemampuan dalam menghasilkan karya,” Tuturnya. (Redaksi)

 

 

Share :

Baca Juga

Berita

Dandim 0415/Jambi Hadiri Louncing Program Unggulan Pangdam ll/Swj Dapur Masuk Sekolah

Berita

Disinyalir Cari Keuntungan, Diduga SMAN 2 Batanghari Juga Paksakan Murid

Berita

Peduli Masyarakat, Hengki Tornado Dorong Djokas Siburian Maju DPD RI

Batanghari

M.Jaafar, Waka DPRD Batanghari Ditengah Kesibukannya Tetap Menghadiri Pembukaan MTQ KE-52 Tingkat Kecamatan Mersam

Batanghari

Sekda Batang Hari Hadiri Pemusnahan barang Bukti Oleh Kejaksaan Negeri.

Berita

Ada Apa Proyek Revitalisasi Danau Sipin Kota Jambi Senilai 24 M di PL kan

Berita

Ketua Gemasaba Jambi Mengundurkan Diri, “Jauhar Madani Ambil Alih Kepemimpinan”

Berita

Warga Pematang Gadung Batanghari di Serang Beruang