Geram! Massa Bakar 6 Peti Di Batanghari Kades Jadi Sorotan! Hitamnya Aspal Tran Desa Tanjung Tayas Impian Warga Kini Jadi Nyata Hari Pertama Ngantor, Gubernur Al Haris Halal Bihalal Dengan Ratusan Pegawai Pemprov Terungkap Pembunuhan Driver Maxim di Jambi, Begini Kronologisnya 100 Personel Satbrimob Polda Jambi di Berangkatkan Ke Papua

Home / Berita

Selasa, 20 September 2022 - 10:01 WIB

PPK Ormawa Imatika FKIP UNJA Membuat Program Desa Cerdas Bertajuk Desa Cendekia

INSPIRASIJAMBI.COM, JAMBI РTim ORMAWA IMATIKA Universitas Jambi lolos pendanaan nasional dalam ajang lomba Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan yang diadakan oleh Kemendikbud RI.

Program yang dijalankan oleh tim ini diantaranya yaitu pojok literasi, workshop atau Lokakarya, Galeri Budaya, dan Koperasi siswa di sekolah dasar. Kelima program tersebut tidak luput dari persetujuan pemerintah desa setempat.

Haviz, S.Pd., Kepala Desa Rantau Puri menyatakan dukungannya terhadap program yang dijalankan oleh tim PPK ORMAWA ini.

“Semua program yang di ajukan di desa ini tidak ada yang merugikan, melainkan banyak manfaat yang bisa diambil atau didapatkan. Saya berharap, tim PPK Universitas Jambi sukses selalu dalam menjalankan programnya,” ucapnya.

BACA JUGA  Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Paripurna DPRD Peringati HUT Batanghari Ke 75

Diketahui, Program pojok literasi dengan nama pojok cendekia ini didirikan di lima titik yang ada di desa Rantau Puri, meliputi Pojok Cendekia di SDN 17/I Rantau Puri, TK UMMI, TK AL-MUTTAQIN, Madrasah Diniyah, dan Pondok Cendekia di area Balai Desa Rantau Puri. Tujuan didirikannya pojok cendekia yaitu untuk meningkatkan literasi baca tulis dan numerasi pada anak.

Program selanjutnya, yaitu workshop dan lokakarya yang bertujuan agar masyarakat mendapatkan pengetahuan mengenai suatu hal. Workshop yang telah dilaksanakan yaitu bertema literasi keluarga, literasi digital terhadap Ms. Excell dan literasi sains.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Resmikan Pos Damkar Kecamatan Tebing Tinggi

Selanjutnya terdapat galeri budaya yang berisikan sejarah dan budaya daerah Jambi. Galeri budaya ini bertujuan agar masyarakat mengetahui adat dan budaya jambi.

Terakhir, terdapat koperasi siswa yang bertujuan agar siswa sekolah dasar mengetahui literasi dasar finansial.

Tingkat antusiasme masyarakat terhadap program yang dijalankan sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan respon masyarakat dalam mengisi angket, mendukung pelaksanaan program, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  Jumat Curhat ! Ormas, LSM Serta Pemerhati Lingkungan Di Undang Polda Jambi

“Semua program yang diberikan memberikan dampak yang sangat bermanfaat. Sangat terasa sekali perubahan yang dirasakan,” Ungkap Salah satu tokoh masyarakat Rantau Puri.

Melalui pojok literasi dan koperasi, kemampuan literasi dasar maupun literasi keuangan siswa meningkat. Lalu, pengetahuan masyarakat mengenai sejarah dan budaya Jambi juga meningkat karena adanya galeri budaya.

“Tidak hanya itu, dengan adanya workshop dan lokakarya mampu menambah pengetahuan masyarakat di bidang digital maupun kesehatan dan kemampuan dalam menghasilkan karya,” Tuturnya. (Redaksi)

 

 

Share :

Baca Juga

Berita

Kacabjari Tembesi Berikan Piagam Penghargaan Kepada Pimpinan Media Insipirasi Jambi

Batanghari

Enak Saja! Dua Oknum BPD di Marosebo Ulu Makan Gaji Buta

Berita

Konflik Agraria di Tanjabtim, Masyarakat Pertanyakan Dasar PT Indonusa Argomulia Kuasai Lahan

Batanghari

Pemerintah Desa Tebing Tinggi Serahkan Bantuan Stunting.

Berita

Distrik V PT WKS Pasilitasi Apel Siaga Karlahutla Kecamatan Batang Asam.

Batanghari

Muhammad Jaafar Tepis Kabar Burung, Dan Pastikan Darahnya Tetap Kuning.

Berita

Bicara Kinflik Geopolitik Jokowi: Multilateralisme Jalan Paling Efektif

Berita

Miris! Bendera Merah Putih Terpasang Tampak Lusuh di Depan Kantor Pos Sungai Rengas