9 Pejabat Utama Polres Batanghari Lakukan Serah Terima Jabatan Kapolda Jambi Pimpin Upacara Hut ke 42 Satuan Pengamanan LSM GPKJ Laporkan Dugaan Mark Up Anggaran HUT Batanghari  Heri Fitriansyah : 21 Usulan Masyarakat Parit Culum 1 Akan Dibawa ke Musrenbang Tingkat Kecamatan Diduga Penggunaan Anggaran Dana Desa di Renah Mendaluh Tidak Ada Pengawasan

Home / Berita

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:06 WIB

Potensi Kelapa Sawit Dalam Menunjang Sektor Perekonomian Tanjung Jabung Barat

Oleh : Tria Safhira Maharani Ilmu Politik Universitas Jambi

OPINI РTanjung Jabung Barat adalah kabupaten di provinsi Jambi, Indonesia.dengan Luas wilayahnya 5.009,82 km² dengan populasi 323.466 jiwa pada tahun 2021 dan ibukotanya ialah Kuala Tungkal, yang bagian dari kecamatan Tungkal Ilir. Kabupaten ini terbagi menjadi 13 kecamatan dan memiliki 20 kelurahan serta 114 desa. Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan pemekaran dari Kabupaten Tanjung Jabung.

Kelapa Sawit menjadi salah satu komoditas perkebunan penting dalam mendukung perekonomian Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pada Tahun 2017 Luas Areal Perkebunan Kelapa Sawit mencapai 90.244 Ha, dengan nilai produksi 1.215 Ton/Tahun, terdapat 12 PMKS (Pabrik Minyak Kelapa Sawit) yang menghasilkan Produk Utama CPO.(Crude palm oil) dan kernel (Inti Kelapa sawit), serta satu PMKS yang telah memproduksi minyak yang siap dipasarkan.

BACA JUGA  Lakalantas di Nes Batanghari, Sopir Truk Terlempar Keluar

Harga sawit ditingkat petani di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi pada saat ini Rp 1.000 perkilogram, Harga sawit hari ini sedikit mengalami kenaikan, meskipun masih tergolong murah.

BACA JUGA  Camat Tungkal Ulu Sosialisasi Menurunkan Angka Stunting.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M. Ag mengatakan Kabupaten Tanjabbar memiliki potensi perkebunan yang cukup potensial dan tentu saja itu merupakan aset dan modal dasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pemkab juga mendapatkan alokasi program yang cukup besar dibandingkan Kabupaten/kota lain di Provinsi Jambi.

“Pemerintah juga memiliki komitmen yang tinggi dalam rangka memberikan suport kepada para produksi sawit untuk memaksimalkan lahan agar meningkatkan kualitas sawit yang akan di produksi,” Ujar Bupati.

BACA JUGA  Tim Sepak Bola Tanjung Jabung Barat Optimis Juara Di Piala Gubernur Cup 2023.

Kendala yang masih di hadapi oleh petani kelapa sawit di Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah fluktuasi harga di pasar lokal yang relatif tinggi setiap tahun nya dan ini menyebab kan ketergantugan yang tinggi terhadap pemasaran luar negri. Dimana telah kita ketahui bahwa harga minyak kelapa sawit di tentukan oleh harga pasar internasional. Peluang investasi kelapa sawit adalah industri pengolahan minyak goreng, mentega, bio diesel, minyak salad, sabun cuci, asam lemak, lemak padat, dan lemak nabati. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Ditlantas Polda Jambi Atur Jadwal Masuk dan Keberangkatan Angkutan Truk Batubara

Batanghari

Pelantikan Ketua TP-PKK Desa. Ketua 1 PKK Batanghari Sebut Penting Nya Membina Remaja

Berita

Rudi Ketua IWO Batanghari: Gotong Royong Merupakan Warisan Leluhur

Berita

Kasus Kekerasan dan Pelanggaran HAM Menimpa Ketua Koperasi JPBM, LBH-RI Siap Dampingi Demi Beroleh Keadilan Surat Permohonan Ditujukan Kepada Presiden, Mendagri, Kemenkumham, Kementerian ESDM, Mabes Polri, Mabes TNI, Komnas HAM, dan LPSK

Berita

SMAN 7 Batanghari Bagikan Topi dan Dasi Bekas, 3G Production: Itu Tidak Benar

Berita

Ditpolairud Polda Jambi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Berita

Semarak Sambut TMMD ke 115, Ratusan Bendera Berkibar

Batanghari

Jalin Silaturahmi dan Cek Kondisi Kamtibmas, Kapolres Batanghari Kunjungi Polsek Maro Sebo Ulu