Dua Pelaku Pembunuhan Driver Maxim di Jambi Ternyata Mahasiswa Aktif Geram! Massa Bakar 6 Peti Di Batanghari Kades Jadi Sorotan! Hitamnya Aspal Tran Desa Tanjung Tayas Impian Warga Kini Jadi Nyata Hari Pertama Ngantor, Gubernur Al Haris Halal Bihalal Dengan Ratusan Pegawai Pemprov Terungkap Pembunuhan Driver Maxim di Jambi, Begini Kronologisnya

Home / Berita / Nasional

Senin, 12 Juni 2023 - 08:29 WIB

MIRIS BALITA USIA 3 TAHUN POSITIF SABU

Inspirasijambi.com.—Balita Positif Sabu, Balita N (3) Ngoceh Terus dan tidak mau tidur selama 2 hari hingga tidak mau makan dan minum usai meminum air yang diberikan tetangganya.

Peristiwa itu berawal saat N bersama orang tuanya M berkunjung ke rumah tetangganya pada Selasa (7/6/2023) sore. Saat itu, N yang haus diberi minuman botol oleh tetangganya.

“Anaknya itu kan kehausan, sama tetangganya ini diambilkan air minum di dalam botol yang isinya sudah setengah,” terang Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA) Kalimantan Timur Rina Zainun, Sabtu (10/6).

Setelah pulang dari rumah tetangganya, perilaku N berubah. Balita N menjadi hiperaktif dan tidak bisa tidur beberapa hari.

BACA JUGA  Fery Kurniawan, S.Pd Caleg DPRD Provinsi Jambi, Harapi : Kami Yakin Beliau Dapat Dipercaya Untuk Rakyat

Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA) Kalimantan Timur Rina Zainun mengatakan N kesulitan tidur dan terus mengoceh seperti sedang berhalusinasi.

“Gejalanya itu dia aktif, tidak mau diam, mulutnya ngoceh terus dan tidak mau tidur. Awalnya ibunya mikir anak ini kesurupan,” ungkapnya.

N Tidak Mau Makan dan Minum
Rina menuturkan selain tidak bisa tidur, sang balita juga menunjukkan gejala lain yakni berkeringat dingin. Dia juga tidak mau diberi makan dan minum.

“Dari Selasa sampai Rabu itu tidak mau makan sama minum. Dan gejala lain dia berkeringat jagung di atas kepalanya, dan aroma keringatnya tidak sedap,” sebut Rina.

BACA JUGA  PT Bukit Kausar (PTPN 6), Di Demo Masyarakat

“Dia kelihatan enggak capek, walaupun tidak makan tidak minum terus enggak ngantuk. Terus matanya tuh terbuka lebar,” katanya.

N Positif Narkoba Jenis Sabu
Berdasarkan gejala-gejala tersebut, Rina berkonsultasi dengan orang tua N agar balita tersebut dilakukan tes urine. Kemudian pada Rabu (8/6) malam, N akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa di Samarinda.

“Rabu malam saya koordinasi dengan Kabid Keperawatan Rumah Sakit Jiwa. Akhirnya diarahkan periksa air kencing. Satu jam setelah itu hasilnya keluar, ternyata positif metamfetamin (narkoba),” ucap Rina

Setelah dinyatakan positif narkoba, N kemudian dibawa ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda, untuk menjalani perawatan.

BACA JUGA  Pengangkatan Kepala Sekolah di Batanghari Dinilai Cacat Hukum

“Di rumah sakit umum diambil tindakan opname karena dari pihak medis khawatir tentang kesehatan anak ini karena organ tubuh dipaksa untuk begadang dan tidak makan,” ujar Rina.

Usai mendapat perawatan, N kondisinya membaik dan diperbolehkan pulang. Beberapa hari terakhir N sudah dapat makan minum dan tidur setelah mendapatkan perawatan. Namun untuk gejala hiperaktif N sampai saat ini masih belum pulih.

“Kalau aktifnya masih, geraknya aktif, kalau untuk tidur sudah bisa tidur karena di rumah sakit diberikan obat. Makan dan minum juga sudah bisa,” kata Rina.
(Eko Budi Prabowo, S.H)

Sumber : detiksumbagsel
Foto : ilustrasi

Share :

Baca Juga

Batanghari

Diterjang Hujan Angin, Rumah dan Kendaraan Warga Buluh Kasab Rusak Parah

Berita

Yuk, Kenali Potensi Bahaya Dekat Jaringan Listrik Di Sekitar Kita.

Berita

LBH RI Nyatakan Dukungan ke Jumiwan Aguza Untuk Jadi Calon Bupati Bungo 2024

Batanghari

Ketua Dekranasda Batang Hari Zulva Fadhil Arief Tampil Di Fashion Show Wastra Jambi.

Berita

Camat Tungkal Ulu Sosialisasi Menurunkan Angka Stunting.

Batanghari

SD Negeri 203/I Sungai Rengas Gelar Kampanye Sekolah Sehat

Berita

Koperasi Sehati Makmur Abadi Sungai Rengas Diduga Berkedok Rentenir

Berita

Ada Apa Proyek Revitalisasi Danau Sipin Kota Jambi Senilai 24 M di PL kan