Geram! Massa Bakar 6 Peti Di Batanghari Hari Pertama Ngantor, Gubernur Al Haris Halal Bihalal Dengan Ratusan Pegawai Pemprov Terungkap Pembunuhan Driver Maxim di Jambi, Begini Kronologisnya 100 Personel Satbrimob Polda Jambi di Berangkatkan Ke Papua Sukses Digelar, MTQ Tingkat Desa Sungai Puar Resmi Ditutup

Home / Berita

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 14:28 WIB

Industri Karet Membantu Perekonomian di Provinsi Jambi

Oleh : Risky Nurhasanah Mahasiswi Ilmu Politik Universitas Jambi

OPINI – Provinsi jambi adalah salah satu provinsi yang terletak di pulau sumatera, secara geogravis provinsi jambi terletak di antara 0,45° – 2,45 lintang selatan dan antara 101,10°-104,55° Bujur timur. Provinsi jambi yang mempunyai luas wilayah 50.160,05km ini, pada tahun 2021 memiliki jumlah penduduk 3.584.228 jiwa.

Perekonomian di provinsi jambi masih di dominasi usaha pertanian, kahutanan dan perikanan sebesar 30,53%, salah satunya adalah pertanian dimana sebagian rakyat jambi memotong pohon karet.

BACA JUGA  Amir Hamzah: OPD Diharapakan Dapat Berpartisipasi Aktif Dengan Baik

Di indonesia petani karet menyebar di seluruh provinsi, terutama di provinsi jambi. Menurut keputusan menteri pertanian nomor 472 tahun 2018, tentang lokasi pertanian nasional kabupaten yang menjadi sentra pengembangan karet nasional meliputi batang hari, muaro jambi, tebo, merangin, dan sarulangun. Dengan produksi karet tembus 315,7 ribu ton dengan luas tanah 378,7 ribu hektar. Disisi lain juga jambi merupakan sentra produksi karet no 4 di indonesia.

Peren industri karet di jambi sangat berpengaruh penting bagi petani jambi, karena sebagai pengahasil devisa melalui kegiatan ekpor, dijadikan sumber penghasil bagi 263.651 petani, menyerap tenaga kerja,lalu mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah, terutama wilayah perkebunan, membuka peluang usaha

BACA JUGA  Perjudian Berkedok Pasar Malam di Simpang Terusan, APH Terkesan Tutup Mata

Disini industri berbasis karet di provinsi jambi lebih berperan sebagai leading sector dan dalam penciptaan pendapatan bias kepada pemodal, kota dan non petani. Distribusi pendaptan perlu penyempurnaan lebih lanjut agar pendapatan dan harga karet di petani agar menjadi lebih wajar.

Dalam upaya mendukung hilirisasi produk berbahan karet alam di daerah Jambi, BSKJI Kemenperin telah menandatangani kesepakatan dengan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi terkait kerja sama penerapan teknologi industri komoditi unggulan di Provinsi Jambi.

BACA JUGA  Pleno Di Kecamatan Air Hangat Timur Terstruktur Sistematis Dan Masif

“Kerja sama seperti ini perlu ditindaklanjuti untuk menciptakan ekosistem industri dan sinergi para pemangku kepentingan untuk dapat mendorong tumbuhnya industri hilir karet di Jambi, bahkan dapat dijadikan sebagai pilot project pola pengembangan komoditi unggulan di provinsi lainnya,” ujar Doddy.

Hal ini tentu membawa berita baik untuk para petani karena ada kerja sama BSKJI dengan provinsi jambi, agar komoditi harga karet meningkat tinggi. (*)

Share :

Baca Juga

Berita

Resmikan Peluncuran Buku Batik, Bupati Berikan Bantuan Kepada Perpustakaan Desa

Berita

PLN ULP Kuala Tungkal Respon Cepat Perbaikan Jaringan Listrik Di Tungkal Ilir.

Berita

Lestarikan Warisan Budaya, Tudung Lingkup Tradisi Wanita Sebrang Kota Jambi Diperkenalkan Kepada Kaum Wanita Muda

Berita

Jajaran Polsek Tebing Tinggi Amankan 3 Orang Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu

Berita

Bupati Tanjab Barat Laksanakan Safari Subuh Di Masjid Sabilah Muhtadin Bangkinang

Berita

LSM Semut Merah Kembali Teriak Dalam Aksi Demo Didepan Kantor Kejati Jambi

Berita

Pergerakan Pemuda Batang Asam, Bentuk Kepedulian Sesama.

Berita

Kapolda Jambi Hadiri Pembukaan Apel Kasatwil Polri Tahun 2023 di Jakarta