Naas, Banjir di Marosebo Ulu Telan Tiga Korban Sekaligus Sengit Perebutan Kursi Terakhir DPRD di Dapil 4 Batanghari, Antara Mukhsin dan Ali Ahbar Suara Ivanda Sukandar Meledak di Marosebo Ulu, Tim Ucapkan Terimakasih Baru 1 Hari, Naik Air Capai Satu Meter di Marosebo Ulu Berikut Nama-nama Caleg PPP yang Diperkirakan Raih 10 Kursi di Batanghari

Home / Batanghari / Daerah

Rabu, 24 Agustus 2022 - 22:13 WIB

Festival Kenduri Swarna di Pasar Tembesi Lama Dibuka Oleh Bupati Batanghari

INSPIRASIJAMBI.COM, BATANGHARI – Bupati Batanghari Mhd Fadhil Arief membuka langsung pergelaran Festival Kenduri Swarna Bumi di pasar lamo Muara tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi, pada Rabu (23/8/2022).

tidak hanya Bupati Batanghari, Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar, SP. Juga tampak hadir pada acara tersebut dan di hadiri Para OPD tokoh masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan ini, Acara dipusatkan di alun-alun Pasar Tembesi lamo yang berlokasi di kelurahan Pasar Muara Tembesi. Dalam sambutanya, Bupati Batanghari Mhd Fadhil Arief mengatakan bahwa bangsa yang besar itu adalah bangsa yang menghargai sejarah.

BACA JUGA  Ini Penyebab Listrik Mati di Marosebo Ulu dan Mersam

“Menurut penggalian sejarah oleh kawan-kawan dilapangan bahwa waktu dulu, di tembesi ini ada beberapa orang cina yang mengajar kita bagaimana caranya berdagang, sebelum masuknya orang belanda dan sempat ada kabar berita Sulthan Taha Pahlawan kita dari Provinsi (jambi) Sempat Bertempur di sini dan masih banyak lagi Peninggalan sejarah yang lainnya yang ada di pusat pasar Tembesi lamo ini,” Ujar Bupati Batanghari.

BACA JUGA  Terkait Jalan Raya Rusak di Batanghari, DPRD Singgung batas kewenangan Bupati

Dirinya ingat, bahwa pada waktu dulu kami warga terusan kalau mau pergi belanja harus ke pasar tembesi ini, dengan transportasi Perahu atau naek ketek.

“Dan satu lagi yang saya inggat lagi sewaktu kecil kalau lagi sakit berobatnya orang-orang dulu datangnya kerumah almarhum Pak Drajat yang rumahnya di Tembesi ini juga” Katanya.

Lanjutnya, pusat pertumbuhan perdagangan ekonomi batanghari asal Muasalnya ada di Tembesi ini, ini yang menjadi nilai Filosofi yang tinggi, dan memori itu kita kaitkan Pusat Perdagangan dengan Geografis Perubahan. Akan tetapi sejarah itu Perlu kita inggatkan kembali, salah satunya mengingatkan kita sejarah dengan mengadakan kegiatan dan Melestarikan Peninggalan-peningalan sejarah yang ada di sini.

BACA JUGA  Gagal Deklarasi, Bukti Rencana Koalisi Perubahan Masih Rapuh

“Bagaimana kedepannya nanti di Tembesi lamo ini bisa menjadi cagar budaya, walaupun ada keterbatasan kita untuk menyentuhnya, tapi kita tetap koordinasi dengan pemerintah pusat. karena, nilai budaya disini sangat tinggi dan meyakinkan pemerintah pusat bahwa budaya Batanghari itu ada di sini,” Tutupnya.

Share :

Baca Juga

Breaking News

Brakk!! Tragedi Kapal Di Laut Tanjung Jabung Barat.

Breaking News

Polisi Bekuk Sendikat Penipuan Pinjaman Bank Bermodus ASN Palsu

Batanghari

Komunitas Milenial Peduli Santri Bagi-bagi Takjil Untuk Berbuka.

Batanghari

Aktif Bergotong Royong! Arbianto Kades Sungai Puar Dikenal Sebagai Kades Teladan

Batanghari

Dugaan Mafia Tanah di Desa Mersam, Kades dan Sekdes Tidak Kooperatif

Batanghari

Terkesan Asal Jadi, Pembangunan Jalan Rabat Beton di Simpang Sungai Rengas di Sorot Masyarakat

Batanghari

Jumat Curhat ! Kapolsek Maro Sebo Ulu Tampung Keluh Kesah Masyarakat.

Breaking News

Ayo Simak Informasi Pemeliharaan Jaringan Terencana, UP3 Jambi