Naas, Banjir di Marosebo Ulu Telan Tiga Korban Sekaligus Sengit Perebutan Kursi Terakhir DPRD di Dapil 4 Batanghari, Antara Mukhsin dan Ali Ahbar Suara Ivanda Sukandar Meledak di Marosebo Ulu, Tim Ucapkan Terimakasih Baru 1 Hari, Naik Air Capai Satu Meter di Marosebo Ulu Berikut Nama-nama Caleg PPP yang Diperkirakan Raih 10 Kursi di Batanghari

Home / Berita

Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:29 WIB

Akademisi Ilmu Pemerintahan UNJA Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk Mitigasi Bencana Banjir

MUARO JAMBI – Tim Pengabdian ilmu pemerintahan universitas jambi (UNJA) dengan mengangkat Tema ‘Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Perbatasan Kota Jambi Muaro Jambi dalam Mitigasi Bencana Banjir Guna Menciptakan Masyarakat Tangguh Bencana, di perumahan mendalo park, Kecamatan Jaluko, Kab. Muaro Jambi, pada Sabtu (17/9) Kemarin.

Kegiatan dilaksanakan di salah satu Perumahan yang berada di kecamatan jambi luar kota (Jaluko), Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di perumahan mendalo park.

Bencana di artikan sebagai peristiwa adanya pertemuan antara kerentanan dengan bahaya sehingga terjadi adanya masyarakat yang dirugikan baik dalam segi materi maupun Finansial. Dalam Konteks Bencana Banjir, Kerentanan Tersebut dapat berupa Buruknya Drainase yang ada serta Kurangnya Daerah Resapan Air di Wilayah Tersebut.

BACA JUGA  Seorang Pelajar SMA 7 Tutup Usia Usai Mengalami Kecelakaan

Sedangkan bahaya adalah adanya air (curah Hujan) yang datang dalam jumlah besar. Ketika Terjadi Pertemuan Air hujan Dan Kondisi Wilayah yang Buruk Drainasenya Maka Wilayah Tersebut mengalami Genangan Air dan Dapat Merusak Rumah dan Lingkungan, bahkan mengancam keselamatan. Fenomena tersebut dialami oleh masyarakat sekitar dengan kapasitas air yang cukup tinggi dan mengganggu aktifitas warga setempat.

Sehingga tim pengabdian yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa Universitas Jambi Bersinergi dengan warga Perumahan Mendalo Park dalam Mitigasi Bencana Banjir dalam bentuk program Pengabdian kepada Masyarakat.

BACA JUGA  Penyelesaian Sengketa Antara Indonesia dan Brazil Terkait Masalah Impor Daging Ayam

Dimana kegiatan tersebut diawali sosialisasi yang disampaikan oleh Baidawi, M.Hub.Int dan Firmansyah, MH mengatakan bahwa Langkah awal untuk mitigasi bencana banjir yaitu harus mengetahui penyebab-penyebab terjadinya bencana banjir.

Kemudian oleh Hapsa, M.IP ada beberapa tawaran yang disampaikan diantaranya membangun komitmen semua warga, Branding masalah salah satunya melalui media social, Rekayasa banjir dalam bentuk penambahan saluran air, dan upaya massif mendorong isu tersebut mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat. Agenda ditutup dengan diskusi bersama warga dan pembagian alat mitigasi sederhana ketika banjir terjadi yaitu Payung, mantel hujan, senter, dan 3 unit Perahu Karet.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu-ibu pengajian RT15 Perumahan Mendalo park, warga yang terdampak bencana banjir menyambut baik kedatangan Delegasi Pengabdian akademisi ilmu pemerintahan universitas Jambi. Serta menyampaikan keluhan mewakili seluruh warga yang terdampak banjir.

BACA JUGA  Istri Mantan Gubernur Jambi Di Tahan KPK

“kami menyambut baik kedatangan delegasi pengabdian akademisi ilmu pemerintahan unja dan mengharapkan dengan adanya Delegasi Pengabdian Masyarakat, kami mendapat perhatian dari pemerintah setempat mengenai Kondisi Drainase serta Daerah Resapan air yang ada di Perumahan Mendalo park Kecamatan Jaluko Kab.Muaro Jambi,” Imbuhnya.

Harapannya semoga terus terjalin kolaborasi yang baik dan mengahdirkan solusi yang solutif dan mampu menjawab permaslaahan bagi masyarakat yang terdampak banjir. (Aldi)

Share :

Baca Juga

Berita

Balai KB Marosebo Ulu Laksanakan Pelayanan Gratis Pada Pembukaan TMMD ke – 115 Kodim 0415/Jambi

Berita

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional, HUT PGRI Ke-78 & HUT Kopri Ke-52 Berjalan Sukses

Batanghari

Penyakit DBD Meningkat di Marosebo Ulu, Kapus Dedi Minta Desa Harus Gotong Royong

Berita

SMAN 7 Batanghari Ikut Kompetisi Futsal BNNP Jambi

Berita

Alami Kerusakan, Pembukaan Jalan TMMD ke – 115 Dibantu Warga Gunakan Alat Tradisional

Berita

Miris! Bendera Merah Putih Terpasang Tampak Lusuh di Depan Kantor Pos Sungai Rengas

Batanghari

Penutupan MTQ Ke-31 Tingkat Kecamatan Marosebo Ulu Berlangsung Meriah

Batanghari

Aktivitas PT Bohai Dibiarkan Oleh Pemkab Hingga Masyarakat Gaduh.