Hari Pertama Ngantor, Gubernur Al Haris Halal Bihalal Dengan Ratusan Pegawai Pemprov Terungkap Pembunuhan Driver Maxim di Jambi, Begini Kronologisnya 100 Personel Satbrimob Polda Jambi di Berangkatkan Ke Papua Sukses Digelar, MTQ Tingkat Desa Sungai Puar Resmi Ditutup Kasus Pembunuhan Syifa Di Batanghari Belum Terungkap, Masyarakat Berbondong-Bondong Galang Dana Untuk Keadilan

Home / Batanghari / Daerah

Senin, 26 Februari 2024 - 11:40 WIB

3 Tahun Kepimpinan Fadhil-Bakhtiar, Batanghari Berkembang Pesat

BATANGHARI – Sudah tiga tahun sejak Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Batanghari Masa Bhakti 2021-2026 pada tanggal 26 Februari 2021 yang lalu oleh Pj Gubernur Jambi Hari Ibu Nur Cahaya Murni di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, berdasarkan rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari yang menetapkan Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 03 Muhammad Fadhil Arief dan Bakhtiar sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Batanghari terpilih pada Pilkada Serentak 2020, sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari Nomor 03/PL.02.7-kpt/1504/KPU-kab/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batanghari 2020. Pasangan yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem (Nasional Demokrat) Partai Gelora dan Partai PKPI ini memperoleh suara sebanyak 60.842 suara atau 37,82 persen.

Di bawah kepemimpinan Fadhil – Bakhtiar, walaupun baru menjabat sekitar tiga tahun, berkat tangan dinginnya Kabupaten Batang Hari berubah pesat, dengan pembangunan yang merata di segala bidang dan dalam tempo dua tahun terakhir ini Kabupaten Batang Hari mengeliat membangun jalan yang menghubungkan antar desa/ kelurahan dan antar kecamatan sudah 120,75 km dibangun, selain itu juga juga pembangunan jalan lingkungan di setiap wilayah dalam Kabupaten Batang Hari. Selain Pembangunan infrastruktur di Desa/ Kelurahan dan Kecamatan, Kabupaten Batang Hari dibawah Nahkoda Fadhil – H. Bakhtiar juga berhasil mengubah wajah Kota Muara Bulian dengan perubahan yang sangat signifikan sangat di rasakan oleh Masyarakat Kabupaten Batang Hari, seperti pedestrian Tapa Malengang yang di depan rumah dinas Bupati Batang Hari, setiap hari ramai pengunjungnya dan tidak hanya orang Kabupaten Batang Hari saja yang berkunjung bahkan dari luar daerah pun mengejar untuk bersantai di Kawasan Tapa Malenggang.

Tidak hanya Pembangunan fisik saja yang perubahan signifikan, di sisi lainnya seperti pemgembangan ekonomi dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Batang Hari tahun 2022 sebesar 12,27% naik dari tahun sebelumnya 7,42 %, geliat pembangunan yang merata tersebut selain berdampak pertumbuhan ekonomi juga berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Batang Hari, atas keberhasilan ini sehingga menurunkan angka kemiskinan dan atas keberhasilan yang dicapai tersebut Bupati Batang Hari mendapat penghargaan langsung dari Wakil Presiden RI Bapak Ma’ruf Amin dan Kabupaten Batang Hari berhak mendapatkan Dana Insentif fiscal.

Selain itu, beberapa program unggulan seperti Dokter Tangguh juga terus berjalan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Batanghari untuk memberikan pelayaan Kesehatan yang merata kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Batanghari hingga ke pelosok desa, dari bulan Januari 2023 s.d 31 Desember 2023 telah memberikan pelayanan kesehatan sebanyak 1.192 dan sebanyak 18.746 pelayanan langsung kunjungan kerumah. Hal tersebut dibuktikan dengan capaian Pemerintah Kabupaten Batang Hari telah memberikan jaminan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat kurang mampu yaitu pada tahun 2020 sebanyak 146.275 peserta, tahun 2021 sebanyak 152.252 peserta, tahun 2022 sebanyak 159.253 peserta, ahun 2023 sebanyak 303.972 peserta sehingga pada tahun 2023 yang berhasil mencapai kepesertan BPJS Kesehatan (UHC) sebesar 98,85 persen.

BACA JUGA  LBH RI dan Ormas BIDIK Provinsi Jambi Ancam Demo DPRD Jika Dirut BUMD Bungo Tak Segera Dicopot

Tidak hanya itu saja, ada juga Penyuluh Tangguh yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Batang Hari untuk memberikan penyuluhan dan pendampingan bagi para petani juga dihadirkan pada masa kepemipinan Fadhil dan H. Bakhtiar dengan penguatan SDM petani melalui tenaga PPL Tangguh Non ASN sebanyak 25 Orang, PPL ASN sebanyak 96 Orang PPL THL-TBPP sebanyak 16 Orang Total 137 orang.

Kemudian, untuk meingkatkan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Batang Hari Bupati Muhammad Fadhil Arief dan Wakil Bupati H. Bakhtiar. Sp juga men-support pemberdayan milenial dan santri dengan terbentuknya tiga unit Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) yang berlokasi di Pondok Pesantren Darul Aufa Sungai Buluh, Pondok Pesantren Nurul Ihsan Ampelu dan Pondok Pesatren Darul Qur’an Al Islami Sridadi. Tidak hanya itu ada juga program Pelatih Olahraga Tangguh dan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa di Kabupaetan Batang Hari juga diberikan sebagai bentuk kehadiran Pemeritah untuk memfasilitasi para siswa berprestasi mendapatkan bantuan Pendidikan kemudian peningkatan kapasitas tenaga pendidik melalui Merdeka Belajar pada masa kepemimpinan Fadhil – Bakhtiar juga terus didukung dan telah mencapai 100 persen, hingga terbentuk 54 komunitas belajar dengan 97 pengegrak komunitas belajar di Kabupaten Batanghari.
Di masa kepemimpinan Fadil – Bakhtiar, beberapa proyek pembangunan juga Mulai dilaksanakan di mana salah satunya yaitu pembangunan Islamic Center yang saat ini telah dilakukan pembebasan lahan dan akan dilaksanakan pembangunan pada tahun 2024. Kemudian pembangunan dan revitalisasi pasar modern di mana pada Tahun 2022 kabupaten Batang Hari telah melaksanakan revitalisasi pasar modern yaitu Pasar PU Muara Tembesi melalui dana tugas pembantuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Selanjutnya pembangunan dan pengembangan potensi pariwisata desa dan kelurahan di mana Pemerintah Kabupaten Batang Hari terus melakukan dukungan dan pendampingan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan objek wisata buatan terutama di lokasi milik pemerintah Kabupaten Batang Hari.
Capaian program prioritas dibidang pendidikan melalui Peningkatan Kualitas dan Kesejahteraan Guru Tenaga Pendidik untuk login Platform Merdeka Mengajar (PMM) dengan hasil 100% telah login ke PMM pada tahun 2023 menjadi 67 orang, untuk tahun 2024 telah dipersiapkan 81 orang guru penggerak sehingga nanti diharapkan menjadi 198 orang guru penggerak di Kabupaten Batang Hari, selanjutnya juga pemberian beasiswa bagi guru PAUD sebanyak 98 orang dan guru kelas sebanyak 43 orang, dengan total 141 guru. Kemudian Gerakan Membaca Al-Qur’an melalui Penyediaan Guru Ngaji sebanak 59 orang yang tersebar di 124 sekolah diperuntukkan untuk Anak Kelas VI SD dengan capaian yang lancar baca tulis Al-Qur’an tahun 2022 sebesar 85,72 persen meningkat menjadi 86,38 persen, lalu yang tidak bisa baca tulis Al-Qur’an di tahun 2022 sebesar 13,34 persen menurun drastis menjadi 0,7 persen.

BACA JUGA  Penataan Angkutan Batubara, Dirlantas Polda Jambi : Aplikasi Simpang Bara Solusi Agar Lebih Tertib

Capaian program prioritas dibidang olahraga dengan merekrut Pelatih Olahraga Tangguh sebanyak 15 orang pelatih diantaranya Pelatih Sepak Bola sebanyak 8 orang jumlah atlit 1.791 orang, Pelatih Bola Voli sebanyak 3 orang jumlah atlit 935 orang, Pelatih Tenis Lapangan sebanyak 1 orang jmlah atlit 25 orang, Pelatih Bulu Tangkis sebanyak 1 Orang jumlah atlit 143 orang, Pelatih Karate sebanyak 1 Orang jmlah 203 orang , Pelatih Basket sebanyak 1 Orang jumlah atlit 126 orang. Serta pemberian Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa untuk Masyarakat Kurang Mampu/Miskin Tahun 2023 yang telah disalurkan kepada penerima manfaat sebanyak 3,651 siswa/mahasiswa, kemuadan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Hafiz/Hafizoh, Mufasir/Mufasiroh, Qori/Qori’ah, di tahun 2023 dengan penerima beasiswa sebanyak 406 siswa/mahasiswa dan Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2023 penerima manfaat sebanyak 3,039 siswa/mahasiswa.

Program prioritas bidang infrastruktur penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat miskin, terutama rumah dalam kebun bagi petani kecil tahun 2022 telah dilaksanakan pembangunan Rumah Kebun sebanyak 40 Unit, kemitraan dengan BAZNAS dibangun 6 unit rumah untuk Masyarakat kurang mampu, Pembangunan Alun-Alun Ibu Kota Kabupaten Batanghari Tahun 2023 telah dibangun Alun-alun Ibukota Kabupaten di lokasi yang saat ini dikenal dengan Alun – Alun Garuda Muara Bulian, Penerangan Jalan Seluruh Wilayah Batang Hari Tahun 2022 sebanyak 622 Titik PJU baru dan PJU sebanyak 325 titik dan pada tahun 2023 sebanyak 526 Titik dan Pemeliharaan 300 Titik.

Percepatan Perbaikan/ Pembangunan Jalan Antar Desa/ Kelurahan dan Antar Kecamatan tahun 2023 Anggaran Penanganan Jalan Kabupaten dengan penanganan sepanjang 27,98 KM dan Pembangunan Jalan Lingkungan sepanjang 16,8 KM. Jalan Mantap 2022 36,14%. Jalan Mantap 2022 sebesar 43,78%.

Mendatangkan Investor untuk Membuka Lapangan Kerja dan Memprioritaskan Masyarakat Setempat dengan berbagai Upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Batang Hari dalam mendatangkan Investasi diantaranya Mempermudah Proses Pelayanan Perizinan Berusaha, Melakukan Promosi secara massif melalui media-media maupun Pameran-Pameran Investasi, Memastikan kondusifitas keamanan daerah, Membuat Regulasi berupa Peraturan Daerah tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi dan Peraturan Bupati tentang Rencana Umum Penanaman Modal sehingga pada tahun 2021 target realisasi investasi sebesar 350 Miliar dapat direalisasikan sebesar 1,086 triliun atau 310,29%, sedangkan tahun 2022 target Realisasi Investasi Kabupaten Batang Hari ditetapkan sebesar 400 Miliar dan terealisasi sebesar 1,2 triliun atau sebesar 300% dari target. Sampai dengan Triwulan III Tahun 2023 total Investasi yang masuk ke Kabupaten Batang Hari sebesar 779,5 Miliar.

BACA JUGA  Ikatan Alumni PMII Jambi Bersiap Gelar Muswil

Tidak hanya itu kemajuan pembangunan juga terlihat dari ibukota kabupaten Batang Hari yaitu Kecamatan Muara Bulian di mana dilakukan Banyak perbaikan dan pembangunan seperti Taman Tapa Malenggang dan pedestrian di pusat kota. Kemudian di kecamatan-kecamatan juga Pemerintah Kabupaten Batang Hari telah membangun ruang terbuka hijau (RTH) antara lain seperti di Kecamatan Mersam ada Taman Disimpang Mersam, di Kecamatan Muara Bulian ada Taman PKK, Taman ojek dan Taman Simpang Empat. Kemudian juga pembangunan alun-alun Ibukota yang berlokasi di lapangan Garuda Muara Bulian.

Dan untuk menjamin sertifikasi tanah masyarakat Kabupaten Batang Hari pada Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Batanghari bersama dengan BPN Kabupaten Batang Hari telah melaksanakan program pendaftaran tanah sistematis lengkap atau PTSL dengan terealisasi 9.490 persil pada tahun 2022.

Beberapa prestasi dan penghargaan juga berhasil diraih pada masa kepemimpinan Fadhil – Bakhtiar yaitu :
1. Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional
2. Terbaik Tingkat Nasional Kegiatan Inovasi & Kreasi Pelibatan Masyarakat Pelaksaan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial
3. Piagam Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal Kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan ekstrem Tahun 2023
4. Kabupaten Layak Anak Kategori Madya 2023
5. Penghargaan dari KPK sebagai Pemerintah Daerah terbanyak dalam penerbitan Sertifikat pada tahun 2022
6. WTP untuk Kabupaten Batang Hari Tahun 2022
7. Rekor Muri Senam Massal Pelajar Poco-poco Ceria dengan 5000 peserta
8. 1 medali perak pada Pekan Paralympik Pelajar Nasional di Sumatera Selatan untuk cabang olahraga catur
9. The Best Leader Economic Development Dari KEMENPAN RB melalui INEWS Media Group
10. Penghargaan pemerintah peduli LPPL yang diberikan INDONESIA PERSADA.ID
11. Raihan Nilai Indeks SPBE Tertinggi di Provinsi Jambi dari KEMENPAN RB
12. Penghargaan terhadap Sinergitas dan Komitmen dalam Melaksanakan Pengawasan Orang Asing di wilayah Kabupaten Batang Hari Tahun 2023
13. Penghargaan Atas Komitmen dan Dukungannya Trhadap Perusahaan Sektor Perkebunan Sawit Tidak Melibatkan dan Memperkerjakan Anak.
14. Juara 1 Tilawah Putri MTQ Ke 53 Prov Jambi di Sarolangun
15. Juara 1 Tafsir Al-Qur’an Bahasa Arab Putra
16. Juara 1 Tafsir Al-Qur’an Bahasa Arab Putri
17. Juara 1 Bahasa Inggris Putri
18. Pemenang Kedua Sebagai Penyuluh Berprestasi
19. Pemenang Kedua Sebagai Gabungan Kelompok Tani Berprestasi
20. Juara II Lomba Cerdas Cermat Tingkat Petani dalam Rangka Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023
21. MCP KPK (Pencegahan Korupsi) Terbaik Tahun 2022.

Share :

Baca Juga

Batanghari

M.Jaafar, Waka DPRD Batanghari Ditengah Kesibukannya Tetap Menghadiri Pembukaan MTQ KE-52 Tingkat Kecamatan Mersam

Batanghari

Bupati Fadhil Arief Melantik 83 Pejabat Struktural dan Fungsional

Batanghari

Terkait Jalan Raya Rusak di Batanghari, DPRD Singgung batas kewenangan Bupati

Batanghari

Tak Hanya Mobilisasi Hasil Perkebunan, Pembangunan Jalan TMMD ke 115 Di Kembang Seri Baru Selamatkan Pendidikan

Batanghari

PT Citra Mulia Manunggal Salurkan Bantuan Stunting Kepada Masyarakat

Batanghari

Berbagai Perlombaan Idul Fitri Sukses Digelar Di Depan Kantor Camat Marosebo Ulu.

Batanghari

Wakili Bupati, Asisten II Batanghari Hadiri Pelantikan PC Himbari

Batanghari

Tampil Mempesona, Bupati Fadhil dan Istri Tampil di Event Jambi Berbatik 2023