Kepergok Maling Sawit, Pelaku Bacok Pemilik Kebun di Tanjung Putra Wabup Bakhtiar Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penyampaian Rekomendasi LKPJ 2023 Geger! Warga Batanghari Temukan Mayat Mengapung di Sungai Dunia Bakal Alami Gerhana Matahari Total, Ini Prediksi Jadwalnya di Indonesia Calon Bupati Atau Wakil Bupati Tanjab Barat, Bang Badi Diprediksi Unggul Di Pilkada

Home / Daerah / Tanjabbar

Senin, 26 Desember 2022 - 13:18 WIB

Terpantau !! Ada Perusahaan Di Tanjabbar Menyulap Hutan Menjadi Kebun Kelapa Sawit

Terpantau !! Di Tanjabbar, Ada Perusahaan Menyulap Hutan Menjadi Kebun Kelapa Sawit.

 

 

Masyarakat adat sudah menghuni wilayah mereka dari zaman dahulu, namun kini hutan di wilayah tempat tinggal mereka di zarah  oleh perusahaan, melalui dalih sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

 

Perusahaan datang terkesan merampas lahan masyarakat, dengan bebagai alibi mereka, namun paktanya mereka hanya merambah hutan tanpa ketentuan dari pemerintah dan pada akhirnya masyarakat setempat yang dirugikan.

BACA JUGA  Wabup Bakhtiar Hadiri Acara Lepas Sambut Komandan Korem 042/Garuda Putih

 

Semula perusahaan dengan berbagai taktik meyakinkan masyarakat, untuk menerima dan mendukung perambahan hutan tersebut, namun pada akhirnya hanya untuk memperluas perkebunan perusahaan itu sendiri.

 

Saat hal ini ketahuan, pihak perusahaan menyiapkan dalihnya guna menutupi kebobrokan perusahaannya.

 

Perambahan hutan akan merugikan kelestarian ekosistem hutan, kerusakan vegetasi, kerusakan lahan dan berpotensi untuk menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor, dan kekeringan.

BACA JUGA  Penampilan Pencak Silat Semarakkan HUT RI ke-77 di SMAN 7 Batanghari

 

Selain itu perambahan hutan yang dilakukan perusahaan dengan sekala besar memberikan epek buruk bagi masyarakat sekitar.

 

Hutan memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan makhluk hidup, hutan sebagai pemberi oksigen dan juga penyerap karbon dioksida sudah memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan juga lingkungan. Namun saat ini sudah tidak dipungkiri lagi kerusakan hutan atau lebih tepatnya pengundulan hutan oleh perusahaan yang tidak bertanggung jawab yang menyulap hutan menjadi perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA  KUNJUNGAN BUNDA PAUD TUNGKAL ULU MENYAMBUT TAHUN AJARAN BARU 2023/2024

 

Dengan demikian hal ini menjadi sangat meprihatinkan, akan kah UU dan peraturan pemerintahan Indonesia terkait hutan di tegakkan sebagai mana mesti nya.

 

Atas hal itu pula, tim investigasi lembaga gerak Indonesia akan melaporkan temuannya di beberapa perusahaan yang dinilai melakukan pengundulan hutan hingga menyulap menjadi lahan perkebunan kelapa sawit ilegal. (..)

Share :

Baca Juga

Batanghari

Laksanakan Bukber, SKK-Migas Jindi Jambi dan Media Silaturahmi

Berita

Deklarasi Dukung Cak Imin Presiden, Kelompok Tani Tanjabtim sebut “Sayang sekali Jika kita warga NU tidak dukung Capres dari NU”

Breaking News

Serma Armiadi Bantu Warga Melintasi Banjir

Batanghari

Surprise Dari Berbagai Pihak, Koramil 415-02/Mersam Ungkapkan Ini.

Breaking News

Ayo Simak Informasi Pemeliharaan Jaringan Terencana, UP3 Jambi

Berita

Bupati Kerinci Sampaikan Tentang Rasa Syukur Di Masjid Raya Kota Sungai Penuh.

Berita

Bayar Listrik Tepat Waktu!!

Daerah

Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan, Koramil 417-05 Danau Kerinci Patroli Karhutla Bersama Warga