Kepergok Maling Sawit, Pelaku Bacok Pemilik Kebun di Tanjung Putra Wabup Bakhtiar Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penyampaian Rekomendasi LKPJ 2023 Geger! Warga Batanghari Temukan Mayat Mengapung di Sungai Dunia Bakal Alami Gerhana Matahari Total, Ini Prediksi Jadwalnya di Indonesia Calon Bupati Atau Wakil Bupati Tanjab Barat, Bang Badi Diprediksi Unggul Di Pilkada

Home / Batanghari / Daerah

Selasa, 27 September 2022 - 23:24 WIB

Gerak Ekonomi Masyarakat, Bumdesma “Maro Basamo” Resmi Terbentuk

BATANGHARI – Berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 15 Tahun 2021 terbit sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, pengelolaan kegiatan dana bergulir masyarakat eks program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan wajib dibentuk menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama.

Menanggapi hal itu, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) melaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD) se-Kecamatan Marosebo Ulu yang dihadiri oleh Dinas PMD yang diwakili Kabid Pemberdayaan masyarakat, Camat Marosebo Ulu, para Kades dan lurah, para Ketua BPD, pendamping desa serta tamu undangan.

BACA JUGA  Musrenbang RKPD Kabupaten Batanghari di Marosebo Ulu di Hadiri Sekda Azan, 133 Usulan di Ajukan

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Marosebo Ulu, pada Selasa (27/9/202) Sekira pukul 10.00 WIB.

Hasil dari musyawarah Antar Desa (MAD) dari Transformasi DBM Eks PNPM-MPd Menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) dengan nama kelompok Maro Sebo yang telah disetujui berdasarkan hasil musyawarah.

Pada kesempatan itu, Ketua BKAD Panji Karizal mengatakan, dengan dibentuknya Bumdesma Maro Besamo ini menjadi penggerak ekonomi masyarakat kecamatan Marosebo Ulu dan saling bekerjasama membantu satu sama lainnya.

BACA JUGA  LSM GPKJ Laporkan Dugaan Mark Up Anggaran HUT Batanghari¬†

“Harapan saya kedepan Bumdesma ini menjadi motor untuk penggerak ekonomi masyarakat sekecamatan Marosebo Ulu dan dapat bekerjasama dengan baik. Serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan,” Ujar Panji Karizal.

Selain itu, Panji Karizal Juga Meminta pada masyarakat agar nantinya untuk bersama-sama membantu mengawasi perkembangan Bumdesma tersebut dikarenakan baru terbentuk.

“Dengan adanya dukungan dari desa dan masyarakat saya yakin Bumdesma bisa berkembang dengan baik dan sukses kedepannya,” Katanya.

BACA JUGA  Permasalahan Unggas Indonesia Dalam Perdagangan Internasional

Sementara, Camat Marosebo Ulu Budimansyah, SE menyampaikan, setelah dilaksanakan musyawarah antar desa (MAD), ini merupakan bentuk dukungan terhadap amanah PP sebagaimana dimaksud untuk dapat menyiapkan sarana prasarana dalam melengkapi Bumdesma menjadi badan hukum.

“Dengan dibentuknya nama Bumdesma tersebut, Bumdesma MARO BASAMO. Semoga dapat bermanfaat bagi Desa, Masyarakat dan anggota,” Jelasnya.

Editor: Edo Sarbai

Share :

Baca Juga

Daerah

Bukan Romi Hariyanto, Justru Fadhil Arief Lawan Berat Al Haris

Batanghari

Turnamen Badminton Se-kecamatan Marosebo Ulu Sambut HUT RI Ke 78

Batanghari

Mengagumkan !! Keluarga Besar SDN 2O3/l Sungai Rengas Santuni Anak Yatim Dan Pakir Miskin.

Batanghari

Mantan Napi Jadi Kepala Sekolah, Bupati Batanghari Kecolongan

Daerah

Pemkot Kota Sungai Penuh Bersama Walikota Ahmadi Turun Langsung Gotong Royong Dihari BBGRM

Batanghari

Jalin Silaturahmi dan Cek Kondisi Kamtibmas, Kapolres Batanghari Kunjungi Polsek Maro Sebo Ulu

Daerah

Kapolda Jambi Pimpin Upacara Sertijab Dua Pejabat Utama dan Empat Kapolres

Batanghari

Wakili Bupati, Sekda Batang Hari Lantik 7 Orang Pegawai Bagian Administrator Dan Pengawas